NCC 2024

Kementerian Keuangan Dorong G20 Berikan Aksi Nyata Atasi Tantangan Global

Jakarta, Businessnews Indonesia – Staf Ahli Menteri Keuangan Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Internasional, Wempi Saputra menyatakan, sepakat untuk memberikan sinyal yang jelas dan aksi nyata dari keberadaan forum G20 untuk mengatasi tantangan global, termasuk kerawanan pangan dan energi yang terus meningkat.

“Jadi, krisis akibat pandemi harus diatasi. Juga bagaimana respons global terhadap perang di Ukraina serta tiga krisis baru, yakni krisis pangan, energi, dan keuangan. Semua hal tersebut dibahas,” ujar Wempi saat menghadiri pertemuan ketiga G20 Finance Ministers and Central Bank Governor Meeting (FMCBG) di Bali seperti dilansir laman resmi Kementerian Keuangan, Kamis (4/8/2022).

Dalam pertemuan yang dihadiri oleh 16 Menteri Keuangan, 10 Gubernur Bank Sentral, dan 6 organisasi internasional tersebut, Wempi juga mengatakan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral untuk meyuarakan agar perang segera dihentikan.

Wempi juga berharap konflik geopolitik Rusia-Ukraina ke depan tidak membuat kondisi global semakin memburuk akibat dari berbagai disrupsi, baik dari sisi suplai, kenaikan inflasi, hingga masalah utang.

“Kita harapkan G20 menjadi lebih efektif, tidak hanya mengatasi tantangan global, tetapi sekaligus juga memberikan manfaat yang lebih nyata untuk mengatasi berbagai krisis yang ada,” ujar Wempi.

Baca juga: Kemenkeu Lakukan Transformasi Digital Dalam Pengelolaan Keuangan Negara

Baca juga: Wamenkeu: APBN Jaga Daya Beli Masyarakat Dan Momentum Pertumbuhan Ekonomi

Comments are closed.