Indonesia Berhasil Amankan Lebih Dari 75 Juta Dosis Vaksin Covid-19

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Indonesia berhasil mengamankan lebih dari 75 juta vaksin covid-19, tepatnya 75.950.500 dosis vaksin. Meski begitu, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), pemerintah terus melakukan diplomasi demi bisa memenuhi kebutuhan vaksin Covid-19.

“Sejauh ini Indonesia berhasil mengamankan sejumlah 75.950.500 dosis vaksin yang telah sampai tiba di Indonesia.” kata Sekretaris Jenderal Kemenlu, Cecep Herawan, di gedung DPR, Selasa (18/5).

Secara rinci, Vaksin Sinovac adalah yang terbanyak mencapai 68.500.000 dosis. Kemudian vaksin AstraZeneca 6.410.500 dosis dan Sinopharm dalam kerangka vaksin gotong royong sebanyak 500.000 dosis.

Selain itu, sumbangan vaksin Sinopharm dari Uni Emirat Arab (UEA) sebanyak 500.000 dosis turut menambah jumlah vaksin.

“Pengiriman selanjutnya InsyaAllah vaksin Sinovac akan tiba pada akhir pekan ini sebanyak 16 juta dosis vaksin curah.” imbuhnya.

Baca juga: Australia Gencar Lobi Moderna Bangun Fasilitas di Negaranya

Meski demikian, pemerintah pun terus gencar melakukan kerja sama bilateral untuk program vaksinasi nasional. Setidaknya ada vaksin AstraZeneca, vaksin Novavac dan vaksin Pfizer yang mendapatkan komitmen.

“Untuk vaksin gotong royong juga telah diperoleh komitmen beberapa jenis vaksin yaitu vaksin Sinopharm, vaksin Sputnik V dan produksi lokal vaksin CanSino dan Anhui Zhifei Longcom.” Tutur Cecep.

Seperti diketahui, demi memperoleh kekebalan komunal, maka pemerintah akan memvaksinasi 181 juta warga atau 70 persen populasi. Demi mempercepat pencapaian target tersebut, maka pemerintah terus memperbanyak dan meningkatkan kapasitas pelayanan vaksinasi.

Berdasarkan data Satuan Tugas Penanganan Covid-19, hingga Sabtu (15/5), ada sebanyak 13,7 juta orang yang sudah mendapat suntikan pertama vaksin Covid-19. Lebih rinci, penerima vaksin tersebut terdiri dari petugas bidang kesehatan, petugas sektor pelayanan publik, dan warga lanjut usia. (W/ZA)

Baca juga: Biontech Akan Bangun Pabrik Vaksin di Singapura

Comments are closed.