Digitalisasi BNI Telah Dinikmati 22 Juta Warga
Digitalisasi BNI Telah Dinikmati 22 Juta Warga

BusinessNews Indonesia – Transformasi perbankan menjadi lembaga keuangan yang berbasis digital telah memberikan hasil yang cukup memuaskan, antara lain dalam hal menembus keterbatasan jangkauan. Hal itu dapat dilihat dari pencapaian digitalisasi layanan perbankan yang dilakukan PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI. Konsisten dengan pengembangan teknologi digitalnya, BNI mencatat bahwa layanannya telah dinikmati oleh setidaknya 22 juta pengguna electronic channel yang diberikan perseroan untuk mewujudkan program inklusi keuangan.

“BNI sebagai salah satu anggota Himbara serta agent of development terus berperan aktif mendukung inklusi keuangan melalui berbagai macam program seperti bantuan sosial, Program Keluarga Harapan (PKH), PNM Mekaar, bantuan presiden produktif, hingga Agen46. Dimana Total Penyaluran Program Inklusi Keuangan BNI hingga September 2020 telah mencapai sekitar Rp 50,02 triliun dan dinikmati oleh 22,6 Juta penerima program Inklusi Keuangan,” ujar Direktur IT dan Operasi YB Hariantono di Jakarta, Rabu (28/10).

Iqbal menuturkan, BNI berupaya agar tujuan pemerintah dan regulator untuk mempercepat Inklusi Keuangan dapat terwujud. Target program ini adalah menciptakan sebuah kondisi dimana setiap anggota masyarakat mempunyai akses terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas, tepat waktu, lancar, dan aman dengan biaya terjangkau sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan masing-masing.

Hingga saat ini, berbagai solusi digital telah diberikan BNI untuk menjawab tantangan dalam mewujudkan inklusi keuangan mulai dari desa hingga ke kota. Di pedesaan, BNI juga memberikan berbagai solusi kepada masyarakat.

Baca juga: Dua belas Layanan Digital BNI Siap Jawab Tantangan Inklusi Keuangan

Total ada 12 pelayanan. Pertama melengkapi Agen46 dengan perangkat digital terbaik. Kedua, memperbarui New UI BNI Mobile Banking. Ketiga, Smartfarming 4.0. Keempat memaksimalkan kartu tani. Kelima BNI Move atau Mobile Innovation for Digital MSME Ecosystem. Keenam API services. Ketujuh Kartu TapCash, kedelapan QRIS (QR Code Indonesia Standard), kesembilan BNI Sonic (Self Service Opening Account). Kesepuluh Digital Opening Account, kesebelas BNI Mobile Remittance, dan keduabelas Electronic Data Capture. (Ed.ZA/rilis)