Sejarah dan Makna Logo Hari Pelanggan Nasional yang Jatuh Setiap 4 September
BusinessNews Indonesia – Hari Pelanggan Nasional alias Harpelnas diperingati secara serentak di Tanah Air setiap tanggal 4 September. Pada hari ini biasanya berbagai perusahaan memberikan promo dan diskon menarik bagi para pelanggannya.
Hari ini, peringatan ini Hari Pelanggan Nasional jatuh pada Sabtu (04/09/2021).
Dalam sejarahnya, sebagaimana diungkap dalam buku Smarter Marketing Move yang ditulis oleh Handi Irawan, Harpelnas digagas oleh Handi Irawan, seorang pengusaha dan Founder dari Frontier Consulting Group. Gagasan tersebut berangkat dari keinginannya untuk meningkatkan pelayanan perusahaan demi kepuasan pelanggan.
Lantas, bagaimana sejarah Hari Pelanggan Nasional di Indonesia? Baca ulasan berikut ini sebagaimana dilansir kumparan (4/09) agar menambah wawasan Anda!.
Sejarah Hari Pelanggan Nasional
Berdasarkan informasi dari buku Ekonomi & Akuntansi: Mengasah Kemampuan Ekonomi karangan Bambang Widjajanta dan Aristanti Widyaningsih (2007), Hari Pelanggan Nasional dicetuskan oleh Handi Irawan pada 2003.
Peringatan Harpelnas merupakan buah pemikiran dan pengalamannya selama bertahun-tahun dalam memahami perilaku berbagai perusahaan Tanah Air.
Melansir situs Hari Pelanggan, melayani pelanggan menjadi kewajiban perusahaan. Namun, beberapa perusahaan kesulitan memahami pelanggan karena kedudukan perusahaan selalu ada di atas pelanggan.
Di sisi lain, harapan pelanggan yang selalu meningkat membuat semua pelanggan tidak pernah sepakat untuk mengatakan bahwa mereka benar-benar terpuaskan.
Atas dasar pemikiran inilah, Hari Pelanggan Nasional akhirnya dibentuk. Peringatan Harpelnas diharapkan mampu mendorong semangat perusahaan dalam memuaskan pelanggan.
Hari Pelanggan Nasional resmi dicanangkan pada 4 September 2003 oleh Megawati Soekarnoputri, Presiden Republik Indonesia Periode 2001-2004. Kala itu, sebanyak 200 direksi dari perusahaan dan BUMN turut menghadiri peresmian Hari Pelanggan Nasional.
Kini, Hari Pelanggan Nasional dirayakan setiap tahun oleh berbagai jenis perusahaan di Tanah Air. Mulai dari perusahaan otomotif, retail, makanan, minuman, dan lain sebagainya. Biasanya, peringatan tersebut diramaikan dengan pemberian promo, diskon, dan voucher.
Makna Logo Hari Pelanggan Nasional
Peringatan Hari Pelanggan Nasional memiliki logo khusus yang dirancang oleh salah satu desainer iklan terbaik di Indonesia. Logo tersebut disimbolkan dengan senyum manusia dan tipografi “Hari Pelanggan Nasional” yang berwarna hijau.
Berdasarkan informasi dari situs Hari Pelanggan, logo ini melambangkan senyum manusia yang tulus. Senyum tersebut menandakan kepuasan seseorang. Sementara itu warna hijau pada logo mencerminkan kesejukan, rasa bersahabat, dan keramahan.
Baca juga: Peringati Hari Pelanggan, BSI Perkuat Pelayanan dengan Transformasi Digital
baca juga: Perkuat Literasi Keuangan, BSI Kenalkan Perbankan Syariah ke Mahasiswa Unpad
Kemudian, tipologi huruf yang membentuk kalimat “Hari Pelanggan Nasional” menggambarkan sifat kerendahan hati dan keinginan untuk selalu berkembang. (Ed.AS/businessnews.co.id).
Comments are closed.