NCC 2024

Tersedia dan Andal: PLN Pastikan Suplai Listrik untuk FIFA World Cup U-17

JAKARTA, businessnews.co.id PLN (Persero) telah memastikan ketersediaan listrik yang andal untuk mendukung seluruh stadion yang akan menjadi tuan rumah acara FIFA World Cup U-17 yang berlangsung dari 11 hingga 24 November 2023.

Di antara stadion yang akan disediakan pasokan listrik oleh PLN adalah Jakarta International Stadium (JIS), di mana PLN menyiapkan empat lapisan pengamanan listrik guna menyukseskan gelaran turnamen sepak bola yang berskala internasional tersebut.

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PLN, menyatakan kesiapan PLN untuk mendukung acara besar dunia ini yang menjadi kebanggaan bagi Indonesia sebagai tuan rumah.

“PLN akan berkomitmen sepenuhnya untuk memastikan ketersediaan listrik yang andal selama FIFA World Cup U-17 ini, sehingga prestasi Indonesia dapat lebih dikenal di tingkat global,” ungkap Darmawan dalam pernyataan resminya pada Kamis (19/10).

General Manager PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya, Lasiran, yang melakukan inspeksi kelistrikan di JIS, menyampaikan bahwa PLN akan memastikan stadion ini dilengkapi dengan sistem pengamanan listrik empat lapisan untuk menjamin kelancaran aliran listrik selama pertandingan.

Lasiran menegaskan bahwa selain JIS, sistem pengamanan listrik serupa juga akan diterapkan di tempat latihan dan penginapan atlet. PLN telah menyiapkan tim dan peralatan untuk memastikan kelancaran dan keandalan pasokan listrik tidak hanya selama pertandingan, tetapi juga dalam pemeliharaan pasca-acara.

Lebih dari 276 personel disiapkan, dengan peralatan seperti 7 unit Uninterruptible Power Supply (UPS) total daya 2.500 kiloVolt Ampere (kVA), 4 Unit Gardu Bergerak (UG) total daya 3.400 kVA, 1 unit Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB), 1 unit mobil crane, 5 unit mobil pelayanan teknik (yantek), dan 30 motor yantek untuk menjaga kelancaran suplai listrik ke JIS.

Lasiran menambahkan bahwa PLN terus berkoordinasi dengan pihak Jakarta International Stadium untuk memastikan kebutuhan listrik selama acara dapat terpenuhi sepenuhnya dari pihak PLN.

Tidak hanya JIS, PLN juga telah menyiapkan kesiapan kelistrikan untuk empat lokasi lain yang akan digunakan sebagai tempat latihan para atlet, termasuk Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK), Lapangan ABC GBK, Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, dan Lapangan Banteng.

Comments are closed.