NCC 2024

Kanada Rencanakan Tingkatkan Kuota Penjualan Kendaraan Tanpa Emisi pada 2026

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Pemerintah Kanada telah mengumumkan kuota yang dapat diberlakukan untuk penjualan kendaraan tanpa emisi. Pada tahun 2026, seperlima dari semua mobil penumpang, truk, dan SUV baru yang dijual di negara tersebut harus menjadi model tanpa emisi, seperti kendaraan sel bahan bakar listrik atau hidrogen seperti yag dilansir dari engadget.com pada Jumat (23/12).

“Kami bergerak maju dengan target penjualan yang diatur yang membutuhkan setidaknya 20 persen kendaraan baru yang dijual pada tahun 2026 menjadi nol emisi, meningkat menjadi 60 persen pada tahun 2030 dan 100 persen pada tahun 2035,” Julie Dabrusin, sekretaris parlemen untuk Menteri. Lingkungan dan Perubahan Iklim, mengatakan pada konferensi pers.

Diperkirakan, antara tahun 2026 dan 2050, kuota akan membuat orang Kanada menghemat hampir $34 miliar CAD untuk biaya energi. Pengurangan emisi gas rumah kaca akan setara dengan seluruh emisi Ontario selama tiga tahun. Saat ini, emisi kendaraan penumpang menyumbang sekitar 10 persen dari total emisi gas rumah kaca Kanada.

Meskipun Kanada telah memiliki target penjualan kendaraan tanpa emisi, target tersebut belum dapat diterapkan secara nasional, meskipun beberapa provinsi, termasuk Quebec dan British Columbia, memiliki mandatnya sendiri. Peraturan final harus diterbitkan pada tahun 2023.

Menurut Pers Kanada, importir dan produsen yang tidak memenuhi kuota dapat dikenakan sanksi berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Lingkungan Kanada. Negara akan menggunakan kredit untuk melacak penjualan kendaraan.

Masih ada beberapa cara sampai Kanada dapat memenuhi target penjualan yang diusulkan. Dalam enam bulan pertama tahun 2022, kendaraan listrik (termasuk model hibrida plug-in) mencapai 7,2 persen dari pendaftaran mobil baru. Itu naik dari 5,2 persen untuk semua tahun 2021. Di British Columbia, hampir 15 persen kendaraan baru yang terdaftar antara Januari dan Juni adalah EV. Di Quebec dan Ontario, proporsinya masing-masing adalah 11,4 persen dan 5,5 persen. Di semua provinsi lain, EV menyumbang kurang dari empat persen dari penjualan kendaraan baru.

Beberapa pembuat mobil telah berjanji untuk sepenuhnya beralih ke pembuatan kendaraan listrik dan/atau kendaraan sel bahan bakar hidrogen, dengan GM menetapkan tenggat waktu hingga 2035 dan Honda bertujuan untuk sepenuhnya melakukan transisi pada tahun 2040. Beberapa yurisdiksi — seperti California, New York, dan Inggris — akan melarang penjualan kendaraan bertenaga gas pada tahun 2035.

“Target penjualan yang diatur untuk kendaraan tanpa emisi yang diumumkan hari ini akan mengurangi emisi dengan membantu lebih banyak pengemudi berada di belakang kemudi mobil listrik,” kata Anna Kanduth, peneliti senior di Canadian Climate Institute. (DAF)

 

Comments are closed.