NCC 2024

Meta Peringatkan Satu Juta Pengguna Facebook yang Pasang Aplikasi Pencuri Kata Sandi

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Meta memperingatkan satu juta pengguna Facebook bahwa informasi akun mereka mungkin telah disusupi oleh aplikasi pihak ketiga dari Apple atau toko Google.

Dalam laporan baru, peneliti keamanan perusahaan mengatakan bahwa pada tahun lalu mereka telah mengidentifikasi lebih dari 400 aplikasi scammy yang dirancang untuk membajak kredensial akun Facebook pengguna.

Menurut perusahaan, aplikasi disamarkan sebagai layanan menyenangkan atau berguna, seperti editor foto, aplikasi kamera, layanan VPN, aplikasi horoskop, dan alat pelacak kebugaran. Aplikasi sering mengharuskan pengguna untuk Masuk dengan Facebook sebelum mereka dapat mengakses fitur yang dijanjikan.

Namun fitur login ini hanyalah sarana untuk mencuri info akun pengguna Facebook. Dan Direktur Gangguan Ancaman Meta, David Agranovich, mencatat bahwa banyak aplikasi yang diidentifikasi Meta hampir tidak berfungsi seperti yang dilansir dari engadget.com pada Senin (10/10).

Sebagai catatan, Meta menemukan aplikasi berbahaya di Google Play Store dan Apple App Store, meskipun sebagian besar adalah aplikasi Android. Menariknya, sementara aplikasi Android berbahaya sebagian besar adalah aplikasi konsumen, seperti filter foto, 47 aplikasi iOS hampir secara eksklusif apa yang disebut Meta sebagai aplikasi utilitas bisnis.

Layanan ini, dengan nama seperti Very Business Manager, Meta Business, FB Analytic dan Ads Business Knowledge, tampaknya ditargetkan secara khusus pada orang-orang yang menggunakan alat bisnis Facebook.

Agranovich mengatakan bahwa Meta membagikan temuannya dengan Apple dan Google, tetapi pada akhirnya terserah toko untuk memastikan aplikasi dihapus.

Sementara itu, Facebook mendorong peringatan kepada 1 juta orang yang mungkin telah menggunakan aplikasi tersebut. Pemberitahuan memberi tahu pengguna bahwa info akun mereka mungkin telah disusupi oleh aplikasitidak menyebutkan yang mana, dan merekomendasikan untuk menyetel ulang kata sandi mereka.

Pembaruan 12:20 ET: Apple dan Google keduanya mengkonfirmasi bahwa semua aplikasi yang diidentifikasi oleh Meta telah dihapus dari toko aplikasi masing-masing. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Comments are closed.