NCC 2024

YouTube Umumkan akan Luncurkan Musik Kreator

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Selain berita terobosan bahwa YouTube akan mulai memonetisasi video Shorts dan mengubah Program Mitranya, perusahaan hari ini juga mengumumkan penawaran baru bagi pembuat konten yang memanfaatkan musik untuk mendukung video mereka: Musik Pembuat Konten, sekarang dalam pengujian beta seperti yang dilansir dari techcrunch.com pada Kamis (22/09).

Terobosan baru ini akan memperkenalkan katalog besar lagu yang dapat ditelusuri, dicari, dan dibeli oleh pencipta, dengan persyaratan hak musik yang dijabarkan secara sederhana sehingga mereka memahami biayanya. Mereka juga dapat memilih trek dengan opsi bagi hasil baru di mana pembuat dan pemegang hak musik mendapatkan uang dari konten mereka.

Perubahan tersebut diperkenalkan pada acara langsung Made on YouTube hari ini, di mana perusahaan mempresentasikan rencananya untuk mempertahankan komunitas pembuat video dalam menghadapi ancaman TikTok yang semakin meningkat. Di sini, ia mengumumkan sejumlah perubahan dengan fokus utama membantu pembuat konten menghasilkan lebih banyak uang.

Namun, dengan Musik Pembuat Konten, YouTube juga menyederhanakan proses yang terkadang rumit untuk menemukan lagu latar untuk konten video pembuat konten.

Seperti yang dijelaskan di acara tersebut, ketika pembuat konten biasanya menggunakan lagu yang bukan miliknya, mereka harus menyerahkan semua pendapatan iklan kepada pemegang lisensi musik. .

Alih-alih memberikan pendapatan kepada pemegang hak, trek di Creator Music dapat dibeli secara langsung atau akan melibatkan kesepakatan bagi hasil. Dengan yang pertama, pencipta membeli lisensi di mana syarat dan tarifnya dijabarkan. Dalam kasus yang terakhir, pencipta akan membagi sebagian dari pendapatan mereka dengan artis dan penulis lagu tetapi tidak akan menghadapi biaya di muka untuk mendapatkan akses ke lagu.

Setelah peluncuran di AS, Creator Music akan memperluas ke lebih banyak pasar pada tahun 2023. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Comments are closed.