NCC 2024

Erick Thohir Tingkatkan SDM Lewat Program Mentorship BUMN Muda

BusinessNews Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir terus berupaya meningkatkan SDM Indonesia melalui perusahaan negara. Salah satu langkah yang dijalankan adalah program Mentorship BUMN Muda yang diluncurkan pada Agustus lalu.

Erick Thohir menjelaskan, program Mentorship BUMN Muda merupakan inisiatif strategis untuk memperluas kesempatan generasi muda berusia di bawah 42 tahun menjadi the next leader di lingkungan BUMN.

Selain itu, program mentorship juga sebagai media inkubasi guna mengembangkan potensi, dan meningkatkan kompetensi sehingga siap menghadapi tantangan.

Program mentorship tersebut diharapkan menciptakan regenerasi kepemipinan di dalam BUMN berjalan dengan memuaskan. Mengingat persaingan di masa depan dalam skala global terus meningkat, sehingga dibutuhkan pemimpin yang siap menjawab tantangan dan beradaptasi dengan kemajuan zaman.

“Program ini akan menjadi kesempatan generasi muda untuk belajar, mengembangkan kapasitas kapabilitas untuk berkontribusi. Tidak hanya sebagai eksekutor, tetapi juga sebagai konseptor,” ujar Erick dalam keterangan tertulis, Senin (27/12).

“Mentorship program adalah wujud transformasi human capital yang menyeluruh dan sistematik dengan kolaborasi lintas generasi,” tambah Erick.

Baca Juga : Erick Thohir Sebut RS BUMN Capai Laba Bersih Hingga Rp2,6 Triliun

Sebagaimana diketahui, peningkatan talenta adalah satu dari lima hal yang menjadi prioritas di Kementerian BUMN. Hal itu dilakukan dengan mengedukasi dan melatih tenaga kerja, mengembangkan SDM berkualitas, profesionalisasi tata kelola dan sistem seleksi SDM.

Di samping itu, Erick yang juga Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) menggas program santri magang di BUMN dan #MuslimLeaderPreneur.

Mengingat, mayoritas penduduk Indonesia beragama Islam dan tingginya jumlah pesantren, peningkatan potensi generasi muda islam sebagai salah satu ujung tombak peradaban perlu untuk dilakukan dalam upaya memajukan Indonesia.

Baca Juga : Erick Thohir Terus Mendorong Kepemimpinan Perempuan di BUMN

“Kita perlu melakukan jihad ekonomi untuk Indonesia Maju dengan tujuan membangkitkan ekonomi, bahkan setelah pandemi COVID-19 nanti berlalu. Dengan demikian, kami berharap aktivis muda Muslim dapat menjadi leaderpreneur dengan kemampuan yang memiliki daya saing global,” pungkas Erick. (TN)

Comments are closed.