NCC 2024

Erick Thohir Pastikan BUMN Relokasi Hunian Korban Erupsi Semeru!

Jakarta, BusinessNews IndonesiaMenteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir memastikan BUMN akan menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam relokasi hunian sementara bagi warga terdampak erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur. Hal ini disampaikan Erick saat mengunjungi korban pengungsian erupsi Gunung Semeru, Minggu (12/12).

“Kita sudah meminta BUMN untuk melakukan pendataan dan menyiapkan relokasi bagi warga terdampak erupsi,” ucap Erick.

Erick menyebut, Satgas Bencana BUMN wilayah Jawa Timur telah mendirikan lima posko yang menampung 3.207 pengungsi dengan 138 relawan. Menteri BUMN juga menyampaikan bahwa perusahaan pelat merah pun awal telah berkomitmen dalam membantu penanganan erupsi mulai dari logistik, listrik, sanitasi, tenaga medis, trauma healing, hingga timsar.

Baca Juga : Yayasan Erick Thohir Bantu Buat Spot Selfie di Air Terjun Sengkuang

“BUMN juga akan membangun MCK untuk para pengungsi,” imbuhnya.

Tak hanya itu, Erick juga meminta BUMN mempersiapkan berbagai kebutuhan masyarakat ke depan, seperti pendidikan. Erick mengatakan, BUMN akan memberikan beasiswa pendidikan dan alat tulis bagi anak-anak yatim piatu korban bencana tersebut. “Semoga bantuan ini dapat meringankan beban masyarakat dan menjadi penyemangat ke depan,” ujar Erick.

Baca Juga : Erick Thohir : BUMN Beri Beasiswa Untuk Anak Korban Erupsi Semeru

Disamping itu, dalam kesempatan yang sama, Bupati Lumajang Thoriqul Haq mengatakan, bahwa Erick Thohir meminta penataan kawasan harus segera dilakukan seminggu ini. Penataan kawasan tersebut sekaligus dengan pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak Erupsi Gunung Semeru. 

“Seperti akses jalan, jaringan listrik, saluran air, termasuk juga jaringan sanitasi,” ujar Thoriqul.

Tindakan penataan kawasan secara cepat dilakukan dengan harapan agar warga terdampak dapat segera pindah ke hunian sementara di lokasi tersebut.(TN) 

 

Comments are closed.