Sunday, November 28, 2021
HomeConsultingPeningkatan Permintaan Ekspor Dorong Harga CPO Indonesia

Peningkatan Permintaan Ekspor Dorong Harga CPO Indonesia

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Pada September 2021, harga jual minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) Indonesia semakin menguat didorong meningkatnya permintaan ekspor. Harganya berada di rata-rata Rp12.594 per kg.

Darma Sucipto, Sekretaris Eksekutif Gabungan Perusahaan Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) Sumatera Utara (Sumut), menjelaskan bahwa kenaikan harga jual CPO karena permintaan di pasar internasional masih tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya kekhawatiran dalam penurunan produksi CPO.

“Kalau permintaan terus naik, maka harga CPO akan bakal naik terus. Dan itu membuat harga CPO pada September bisa menjadi tertinggi di tahun 2021.” Kata dia, dikutip dari Bisnis (13/9).

Baca juga: Punya Nikel Terbesar, RI Disebut Punya Posisi Strategis dalam Industri Baterai

Ia pun menjelaskan bahwa harga rata-rata di bulan ini lebih tinggi dari bulan Agustus lalu.

“Harga CPO di September yang rata-rata sebesar Rp12.594 per kg itu. Di atas harga rata-rata bulan Agustus yang masih Rp12.515 per kg.” Imbuhnya.

Tercatat, pada tanggal 8 September lalu, CPO asal Sumut mengalami puncak harga sebesar Rp12.728 per kg.

“Meski terjadi penekanan harga di tanggal 10 September menjadi tinggal Rp12.303 per kg, namun diperkirakan hanya terjadi sesaat. Kemungkinan besar harga CPO terus naik lagi.” Kata dia menjelaskan.

Baca juga: Pemerintah Sebut Nuklir Jadi Sumber Energi Murah

Darma turut menjelaskan bahwa merujuk data yang ada, harga CPO di Sumut semakin bergerak sejak Agustus.

Pada Januari-Juli, harga CPO masih berada di kisaran Rp9 ribuan hingga Rp11 ribuan per kg. Lalu pada Agustus sudah bisa rata-rata Rp12.515, dan naik lagi di September menjadi Rp12.594 per kg. (W/ZA)

Related articles

spot_img

Latest posts