Wednesday, August 4, 2021
Home News Indonesia Update Pemerintah Perpanjang Bantuan Kuota Internet Hingga Desember

Pemerintah Perpanjang Bantuan Kuota Internet Hingga Desember

Jakarta, BusinesNews Indonesia – Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang subsidi kuota internet bagi siswa dan tenaga pendidik hingga Desember 2021. Seperti diketahui, subsidi ini sempat dihentikan pada Bulan Mei lalu.

Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menuturkan bahwa pemerintah akan mengalokasikan tambahan Rp 5,54 triliun bagi 38,1 juta penerima. Nantinya penerima akan terdiri dari siswa, orang tua siswa dan tenaga pendidik.

“Ini akan ditambah Rp 5,54 triliun, dari yang sudah dialokasikan sebelumnya sebesar Rp 3 triliun.” Ungkapnya ketika konferensi pers evaluasi PPKM Darurat, dikutip dari Republika (19/7).

Baca juga: Mensos Tambah Bantuan Pangan selama Dua Bulan

Nantinya, kata Sri Mulyani, pemerintah akan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama terhadap seluruh sektor pendidikan. Karena nantinya subsidi kuota internet akan diberikan bagi semua sektor pendidikan termasuk sekolah keagamaan, madrasah dan pesantren.

“Jadi kami akan bersama kementerian pendidikan dan kementerian agama. Karena ini menyangkut semua sekolah termasuk sekolah keagamaan, madrasah, pesantren, ada 38,1 juta siswa dan tenaga pendidik.” Jelasnya menambahkan.

Dalam keterangannya diketahui bahwa target penerima subsidi kuota tersebut nantinya mencakup empat sektor. Sektor tersebut yaitu pendidikan anak usia dini sebesar 20GB per orang, kemudian siswa sebanyak 35 gigabyte (GB) per orang. Lalu, mahasiswa mendapatkan 50GB per orang, serta guru atau dosen sebesar 42 GB per orang.

Baca juga: Bulog Salurkan Bantuan Beras PPKM ke 20 Juta KPM

“Dengan aturan harga kuota per gigabyte sebesar Rp 2.750.” pungkasnya. (W/ZA)

Most Popular