Thursday, June 17, 2021
Home News Indonesia Update Pemerintah Minta Daerah Genjot Vaksinasi

Pemerintah Minta Daerah Genjot Vaksinasi

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Seluruh daerah diminta untuk menggenjot vaksinasi bagi warganya. Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin (BGS) mengatakan bahwa stok vaksin Covid-19 beserta kapasitas vaksinasinya akan kembali bertambah bulan ini.

“Pesan saya ke seluruh aparat di daerah, kita mulai genjot lagi karena stok vaksinnya sudah cukup. Kalau bisa kita menyentuh 1 juta per bulan di bulan Juni karena kapasitas vaksin kita sekarang sudah cukup.” kata dia, dilansir dari Republika (11/5).

Sebagai informasi, jumlah vaksinasi Covid-19 yang dilakukan di Indonesia telah mencapai 10 juta dosis vaksinasi per 26 Maret lalu. Angka tersebut terus bertambah dan pada 30 April vaksinasi yang telah dilakukan telah mencapai 20 juta dosis.

Baca juga: Tiga Pasien Terkonfirmasi Positif, Virus Corona Jenis Baru Masuk Ke Banten

Meski demikian, BGS mengaku bahwa vaksinasi sepanjang April mengalami penurunan akibat ketersediaan stok vaksin yang terbatas. Namun stok vaksin kini dipastikan akan bertambah seiring dengan kedatangan stok vaksin ke Indonesia beberapa waktu terakhir.

Ia juga menyebutkan tiga provinsi dengan vaksinasi terdepan bagi lansia, yaitu DKI Jakarta, Bali, dan DI Yogyakarta. Tiga provinsi tersebut tercatat telah memvaksin lebih dari 10 persen penduduknya.

Selain itu, provinsi tersebut juga dinilai aktif dalam mempromosikan vaksinasi lansia. Karena hal tersebut, pemerintah memberikan apresiasi dengan menambah pasokan vaksin agar target vaksinasi bagi lansia di tiga provinsi itu dapat segera tercapai.

“Jadi saya terima kasih ke Provinsi Bali, DKI Jakarta dan Jogja yang relatif sudah tinggi suntikan lansianya. Sehingga mereka secara bertahap sudah mulai dibuka untuk suntikan golongan masyarakat umumnya. Dan mudah-mudahan ini bisa menjadi motivasi untuk provinsi-provinsi lain,” tutup BGS. (W/ZA)

Baca juga: Indonesia Kedatangan Vaksin Gotong Royong Dari Sinopharm

Most Popular