Wednesday, May 12, 2021
Home News Global News Facebook Akan Luncurkan Platform Penerbitan Beberapa Bulan Mendatang

Facebook Akan Luncurkan Platform Penerbitan Beberapa Bulan Mendatang

BusinessNews IndonesiaFacebook Inc berencana untuk membuat platform penerbitan baru beberapa bulan mendatang di Amerika Serikat (AS). Platform tersebut nantinya akan membuat penulis dan jurnalis independen menjangkau audiens baru dan memonetisasi pekerjaan mereka melalui buletin email dan situs web individu.

Dikutip dari Republika (18/3), belakangan ini terpantau semakin banyak penulis dan jurnalis yang mengikuti buletin email. Mereka lebih memilih kebebasan editorial intrinsik untuk masuk ke dalam media. Hal tersebut memungkinkan mereka untuk menjauh dari model bisnis yang bergantung pada iklan.

Seperti diketahui, persaingan antara perusahaan seperti Substack, Medium dan Revue yang diakuisisi Twitter baru-baru ini mulai memanas. Sejumlah platform tersebut memungkinkan pembuat konten mencoba campuran buletin email berbayar dan gratis agar dapat menjangkau pembaca potensial mereka.

Baca juga: Pakar Apresiasi Pemerintah Keluarkan FABA dari Kategori Limbah B3

Baca juga: Menteri Teten Pastikan Bantuan UMKM Akan Segera Turun

Berdasarkan pengakuan Facebook, platform baru itu nantinya memungkinkan penulis untuk menghasilkan uang melalui langganan dan akan diintegrasikan dengan halaman Facebook. Penulis juga akan dimungkinkan dapat membuat grup sehingga dapat terlibat dengan komunitas pembaca mereka secara langsung.

Seperti diketahui, pada bulan lalu Facebook telah berjanji untuk menginvestasikan sekitar 1 miliar dollar AS dalam industri berita dalam tiga tahun ke depan. Hal tersebut menyusul perselisihan profil tinggi dengan pemerintah Australia terkait pembayaran outlet berita untuk konten. (W/ZA)

Baca juga: Buka Kongres PMII, Jokowi: Beradaptasi atau Tergilas Perubahan

Baca juga: Bank Syariah Indonesia Targetkan Penjualan Sukuk Ritel SR014 Sebesar Rp 500 M

3 COMMENTS

Comments are closed.

Most Popular