YBM BRI Beri 360 Beasiswa untuk Dhuafa di 23 PTN

BusinessNews Indonesia – Yayasan Baitul Maal Bank Rakyat Indonesia memberi beasiswa bagi 360 mahasiswa dari golongan dhuafa yang tersebar pada 23 perguruan tinggi negeri (PTN).

Ketua Badan Pengurus Yayasan Baitul Maal BRI, Sepyan Uhyandi, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin, mengatakan melalui program Bright Scholarship YBM BRI Angkatan V para penerima beasiswa itu juga bertujuan membentuk generasi intelektual Muslim yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkarakter, berdaya saing, dan mengaplikasikan nilai-nilai Al Quran.

Baca juga : “Food Estate” di Kawasan Hutan Lindung dapat Kritikan dari Walhi

“Kita ingin Indonesia mempunyai pemimpin berkarakter. Karakternya apa yaitu yang tidak meninggalkan agamanya,” kata dia.

Ia mengatakan ada empat hal kriteria penerima beasiswa yaitu Indeks Prestasi Komulatif tinggi, agama bagus untuk laki-laki aktif di masjid, aktif di organisasi dan peduli lingkungan.

“Ini yang menjadi pembeda dari pemberi beasiswa, tapi tidak ada pemberdayaannya. Oleh karena itu, penerima beasiswa ini disuruh mencari kelompok usaha, dibimbing usahanya dan diberikan dana untuk berusaha. Di samping mengasah berusaha, kita juga melatih empati kita dan terjun kepada masyarakat,” kata dia.

Baca juga : Tingkatkan Investasi di Sektor Migas, Tahun Depan Pemerintah Akan Lelang 68 Cekungan

Sepyan berharap 10 tahun ke depan para penerima beasiswa akan menjadi pemimpin bangsa.

“Untuk 10-20 tahun ke depan mereka para awardee yang kami harapkan akan mengisi peran-peran strategis di bangsa ini baik dalam bidang profesional maupun pemerintahan,” kata dia.

“Pembentukan mental, akhlak dan kompetensi yang mereka peroleh selama tiga tahun masa pembinaan mudah-mudahan menjadi bekal mereka untuk berkompetisi dan bersaing secara sehat dalam kehidupan yang sesungguhnya,” katanya. (ed.AS/businessnews.co.id/antara).

Comments are closed.