Monday, April 19, 2021
Home Economy BEI Akan Perpanjang Waktu Perdagangan Mulai Akhir Juli Mendatang

BEI Akan Perpanjang Waktu Perdagangan Mulai Akhir Juli Mendatang

BusinessNews Indonesia – PT Bursa Efek Indonesia (BEI) direncanakan akan memperpanjang waktu perdagangan hingga pukul 16.30 WIB pada 26 Juli mendatang.

Dikutip dari bisnis, dalam dokumen BEI dituliskan bahwa terdapat rencana tambahan waktu selama 15 menit setelah pasar reguler tutup pada pukul 16.15 waktu Jakarta Automated Trading System (JATS) atau nantinya perdagangan dimulai pada pukul 09.00 dan berakhir pukul 16.30 waktu JATS.

Sebagai informasi bahwasanya saat ini perdagangan BEI di pasar reguler dan negosiasi berlangsung dari mulai prapembukaan pada pukau; 08.45 sampai pasca penutupan pukul 15.15 waktu JATS, dimana waktu perdagangan singkat ini telah berlangsung sejak 30 Maret tahun lalu.

Berdasarkan informasi yang ada, kebijakan penambahan waktu perdagangan tersebut menyesuaikan pemendekan jam operasional Bank Indonesia Real Time Gross Settlement (BI-RTGS) sekaligus mendukung kebijakan pemerintah terkait penerapan work from home (WFH) demi menekan penyebaran COVID-19.

Baca juga: Tinjau Vaksinasi Covid-19, Jokowi Ingin Sekolah Tatap Muka Juli 2021

Laksono Widodo, Direktur Perdagangan dan Anggota Bursa BEI, mengatakan bahwa perpanjangan waktu perdagangan dilakukan guna menghindari crossing tomorrow di pasar negosiasi dan direncanakan akan berlaku pada Juli 2021.

“Mulai berlaku Juli 2021 juga nantinya,” ucapnya, dikutip dari Bisnis (26/2).

Perpanjangan jam perdagangan itu, kata Laksono, akan mulai diberlakukan pada Juli mendatang karena perlu adanya kesiapan sistem BEI dan juga Anggota Bursa (AB). Dalam memberikan penjelasan, ia memberikan analogi dengan proses kehamilan.

“Hamil saja perlu 9 bulan sampai lahir, kurang lebih begitu analoginya,” kata dia.

Setelah berlaku, nantinya jadwal perdagangan akan berlangsung pukul 09.00-12.00 waktu JATS untuk sesi I Senin-Kamis, dan 09.00-11.30 waktu JATS untuk sesi I Jumat.

Selanjutnya, sesi II berlangsung pukul 13.30-16.30 waktu JATS pada Senin-Kamis, dan 14.00-16.30 waktu JATS pada Jumat.(W/ZA)

Baca juga: Menlu Retno Ingatkan Setiap Negara Tak Bermental Country First

Most Popular