NCC 2024

Luhut Ajak Pemerintah Daerah Sama-Sama Pulihkan Ekonomi

BusinessNews Indonesia –Dalam Rakernas XIII Apkasi (Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia) Tahun Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan datang sebagai pembicara mengajak para pimpinan daerah bersama-sama memulihkan ekonomi nasional di mulai dari daerah masing-masing.

Wejengan itu sampaikan kepada para Pengurus Apkasi dengan menyampaikan update informasi terkait langkah-langkah pemerintah pusat dalam menangani Covid-19 serta upaya membangkitkan pemulihan ekonomi melalui investasi luar negeri . Hingga pada akhirnya menggenjot pembangunan infrastruktur. Salah satu titik tekannya, menurut Luhut adalah konsep momentum ekonomi berkelanjutan.

“Kita melihat pandemi Covid-19 ini sebagai dua sisi yang tidak terpisahkan dengan pemulihan ekonomi. Tunjukkan bahwa bupati bisa menjadi contoh yang baik kepada masyarakatnya. Kuncinya kalau kepala daerah bersama TNI-Polri bisa mendisiplinkan masyarakatnya di daerah masing-masing, maka lonjakan Covid-19 bisa ditekan lagi angkanya,” katanya pada acara tersebut, yang diselenggarakan di kota Bali, 19/6/2021).

Lebih lanjut ia memaparkan kalau kita bisa menjaga dengan baik situasi ini, kuartal dua tahun ini kita bisa berharap mencapai 7% pertumbuhan ekonomi, dan jika ini terpenuhi maka secara year of year, yang dikarenakan pada kuartal pertama sempat minus, maka di akhir tahun kita bisa bertumbuh 4,5 sampai5%,” paparnya.

Luhut yakin pertumbuhan ekonomi nasional tahun ini masih bisa dipelihara dan pemulihan ekonomi dan reformasi harus dilakukan secepat mungkin dengan strategi stimulus fiskal karena situasi belum pulih, di samping implementasi UU Cipta Kerja harus dikontrol dan dipantau serta kebijakan pengembangakan industri nilai tambah harus jalan terus.

Baca juga: Kukuhkan Dewan Pengurus dan Rakernas XIII Apkasi 2021, Ketum Sutan Riska Ajak Pengurus Kolaborasi Tingkatkan Ekonomi Daerah

Baca juga: Apkasi dan Apeksi Sinergi, Berharap Kepentingan Daerah Didukung Penuh Pemerintah Pusat

Overall perekonomian kita saat ini cukup baik dan penanganan Covid-19 kita juga cukup bagus. Saya hanya titip kepada kawan-kawan bupati ayo kita saling kerjasama membangun negeri ini, bangun perkawanan dan dedikasikan diri kita bekerja dengan hati,” imbuhnya. (businessnes.co.id/ed.AS/rilis).

Comments are closed.