NCC 2024

Indonesia Kedatangan Vaksin Tahap 13 dari Sinovac

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Indonesia kembali menerima vaksin sejumlah 8 juta dosis dari Sinovac dalam bentuk bulk. Dengan kedatangan ini, maka total sudah ada 83,9 juta dosis yang diterima, yang terdiri dari vaksin jadi dan bulk.

Untuk diketahui vaksin bulk, nantinya akan diolah oleh Bio Farma menjadi vaksin jadi yang siap digunakan dalam program vaksinasi Covid-19.

“Pemerintah selalu menjaga ketersediaan stok vaksin agar pelaksanaan vaksinasi sesuai dengan target tahapan yang telah ditetapkan.” tutur Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dikutip pada Rabu (26/5).

Airlangga turut memastikan, bahwa pemerintah selalu menjamin keamanan (safety), mutu (quality), dan khasiat (efficacy) vaksin terjaga. Sehingga, dia berharap tidak ada keraguan bagi masyarakat untuk menerima vaksin.

Baca juga: Tekan Biaya Rapid Antigen, Kemenhub Pakai GeNose di Stasiun dan Terminal

“Presiden Joko Widodo menyebut vaksinasi Covid-19 adalah merupakan game changer. Yaitu salah satu langkah krusial yang menentukan kesuksesan kita untuk mengakhiri pandemi ini.” imbuhnya.

Demi mencapai kekebalan komunal, maka dibutuhkan 70 vaksinasi dari total penduduk atau sekitar 181,5 juta penduduk yang perlu divaksinasi.

Sejauh ini, realisasi pelaksanaan vaksinasi sudah sekitar 25,2 juta. Dengan rincian tahap I bagi SDM kesehatan dengan vaksinasi dosis I lebih 1,5 juta jiwa, dosis II lebih 1,4 juta jiwa. Tahap II bagi lansia dengan vaksinasi dosis I lebih 3,1 juta jiwa, dosis II lebih 2,1 juta jiwa. Tahap II bagi petugas publik dengan vaksinasi dosis I lebih 10,4 juta jiwa, dosis II lebih 6,5 juta jiwa.

Meski demikian, ia menegaskan bahwa vaksinasi harus segera dipercepat demi mencapai kekebalan komunal lebih cepat.

“Pelaksanaan vaksinasi perlu dipercepat.” Tegasnya.

Pemerintah, kata dia, akan segera memulai vaksinasi tahap ketiga bagi masyarakat rentan dengan dengan kriteria seperti aspek geospasial dengan angka kejadian Covid-19 yang tinggi/zona merah; dan aspek sosial ekonomi. (W/ZA)

Bas juga: Siap Melayani Masyarakat,Transjakarta Tuntaskan Rangkaian Vaksin Covid-19

Comments are closed.