NCC 2024

Jokowi: Pembuatan Vaksin Merah Putih Harus Ikuti Kaidah Saintifik

BusinessNews Indonesia – Indonesia kini sedang mengembangkan dua vaksin Covid-19, yakni Vaksin Merah Putih dan Vaksin Nusantara Inovasi. Untuk itu Presiden Jokowi sangat menekankan dalam proses pembuatan dan pengembangannya harus memenuhi dan melalui standar-standar saintifik dan keilmuan atau keilmiahan yang berlaku.

Maka dari itu, transformasi dan inovasidalam bidang farmasi tentu amat sangat diperlukan dan diwajibkan. Agar produk yang dihasilkan berkualitas tinggi. Tak ada kecatatan yang berarti, apalagi ini untuk masyarakat banyak.

“Dalam situasi pandemi saat ini tentu kita semua mendukung adanya penelitian dan pengembangan baik itu obat maupun vaksin agar terwujud kemandirian di bidang farmasi sekaligus untuk percepatan akses ketersediaan vaksin di masa pandemi Covid-19 ini,” ujar Presiden Joko Widodo dalam pernyataannya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Jumat, (12/03/2021).

“Untuk menghasilkan produk obat dan vaksin yang aman, berkhasiat, dan bermutu, mereka juga harus mengikuti kaidah-kaidah saintifik dan keilmuan,” lanjut Presiden Jokowi.

Selain itu, uji klinis yang ditempuh juga harus sesuai dengan prosedur yang berlaku, dilakukan secara terbuka, bersifat transparan, serta melibatkan banyak ahli.

Semua tahapan tersebut sangat penting untuk dilakukan demi memastikan keamanan dan keefektifan penggunaan vaksin di kalangan masyarakat sehingga harus mengedepankan unsur kehati-hatian dan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Baca juga: Hadapi Kompetisi Global, Presiden Jokowi Tekankan Perguruan Tinggi Lakukan Inovasi Baru

Baca juga: Siap-siap! Facebook akan Gaji Pembuat Konten Video Viral di Lamannya

“Jika semua tahapan sudah dilalui, kita percepat produksi untuk memenuhi kebutuhan di dalam negeri akan vaksin,” tandasnya.

Sebab dengan adanya vaksin itu juga akan menentukan pertumbuhan ekonomi Indonesia kedepannya. Jika masyarakat sudah divaksin seluruhnya, dipastikan perekonomian Indonesia melalu program PEN (pemulihan ekonomi nasuinal) akan cepat tumbuh tinggi. (ed.AS/businessnews.co.id/setneg).

Comments are closed.