Presiden Jokowi Tinjau Harga Kebutuhan Pokok di Pasar Samarinda

Jakarta, Businessnews.co.id –  Presiden Joko Widodo melakukan inspeksi harga beberapa barang kebutuhan pokok di Pasar Merdeka, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur, pada 21 September 2023. Presiden menyatakan bahwa harga kebutuhan pokok di pasar tersebut masih terjaga dengan baik.

“Saya melihat, saya senang harga-harga terkendali baik,” ungkap Presiden dalam keterangan resminya usai peninjauan, Kamis (21/09).

Selanjutnya, Presiden Jokowi menjelaskan bahwa beberapa komoditas pokok bahkan mengalami penurunan harga, termasuk cabai dan bawang.

“Bahkan cabai harganya juga turun, kemudian bawang putih harganya juga turun, bawang merah harganya juga turun,” tuturnya.

Meskipun demikian, harga beras di pasar masih relatif tinggi dan belum mengalami penurunan. Tetapi, Presiden menyebutkan bahwa beras SPHP dari Bulog sudah mulai didistribusikan ke pasar.

“Kita harapkan dengan operasi pasar yang dilakukan Bulog, harga (beras) juga bisa turun ya,” harapnya.

Presiden juga mencatat bahwa kenaikan harga barang-barang tersebut salah satunya disebabkan oleh fenomena super El Nino yang mempengaruhi pasokan beras dari petani.

“Salah satu masalahnya adalah pasokan dari petani dan penggilingan berkurang karena adanya fenomena super El Nino di tujuh provinsi,” jelasnya.

Untuk mengatasi situasi ini, Presiden mengungkapkan bahwa pemerintah saat ini sedang meningkatkan cadangan beras melalui impor.

“Kami sedang meningkatkan cadangan strategis dengan impor untuk mengatasi kekurangan produksi,” ujarnya.

Seiring dengan itu, seorang pedagang beras bernama Niko menyebutkan bahwa saat ini harga beras premium mengalami kenaikan, tetapi berkat bantuan beras SPHP dari Bulog, harga tersebut mulai mereda.

“Kalau untuk beras premium lagi ada kenaikan, tapi sekarang kita dibantu sama Bulog beras SPHP, jadi harga mulai meredam, mulai turun sekarang,” jelas Niko, dikutip dari laman resmi presidenri.go.id.

Niko berharap bahwa harga beras akan turun dan kembali normal di masa mendatang.

“Kami berharap harga beras akan kembali turun dan normal,” harapnya.

Selama kunjungannya ke Pasar Merdeka, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, dan Wali Kota Samarinda Andi Harun.

Comments are closed.