NCC 2024

Kembangkan UMKM di Nias Sumut, Pelindo Libatkan Praktisi dan Akademisi

Jakarta, Businessnews.co.idPT Persero Pelabuhan Indonesia (Pelindo) melibatkan pemerintah daerah, akademisi hingga pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Nias, Sumatera Utara (Sumut).

“Untuk pengembangan UMKM di Nias, kami bekerja sama dengan pemerintah daerah, akademisi serta pelaku bisnis yang dijadikan sebagai mentor,” kata Kepala Divisi Pelayanan SDM dan Umum Pelindo Regional 1 Kasih Dwi Yanti dilansir ANTARA, Kamis (15/6/2023).

Pelindo memfasilitasi pengembangan UMKM di Nias melalui serangkaian pelatihan dan pendampingan.

Upaya itu dilakukan untuk memperkuat pelaku usaha kecil dan menengah lokal, mengingat besarnya potensi sumber daya di Nias yang bisa diolah dan dipasarkan secara luas, terutama di sektor pertanian, perikanan, pariwisata bahari serta seni budaya.

Wakil Wali Kota Gunungsitoli Sowa’a Laoli mengatakan penguatan UMKM perlu terus dilakukan agar para pelaku UMKM mampu menghasilkan produk unggulannya yang bisa memberi nilai tambah bagi perekonomian di Nias.

Dalam kesempatan tersebut, Sowa’a juga mengapresiasi dukungan Pelindo dan berbagai pemangku kepentingan lainnya dalam membangun kapasitas UMKM di Nias.

“UMKM merupakan salah satu pilar ekonomi nasional yang perlu didukung dan dikembangkan secara luas. Dukungan terhadap UMKM merupakan wujud keberpihakan kepada kelompok usaha ekonomi rakyat sehingga semua pihak perlu memberikan perhatian terkait hal ini,” ujar Sowa’a.

Adapun pengembangan UMKM merupakan satu dari tiga prioritas program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PT Pelindo, selain pendidikan dan lingkungan.

Comments are closed.