NCC 2024

Menkeu Dukung LPEI Kembangkan Budaya Kerja Untuk Semangat Berprestasi

Jakarta, Businessnews Indonesia – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memberikan arahan kepada seluruh jajaran Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk dapat membangun budaya kerja baru dengan semangat berprestasi dan saling mendukung. Hal itu ia sampaikan pada acara tasyakuran ulang tahun LPEI ke-13, Kamis (1/9/2022).

“Organisasi baik itu bukanlah suatu keajaiban. Sebuah prestasi organisasi yang baik itu adalah hasil kerja keras bersama,” ucap Menkeu seperti dilansir laman resmi Kementerian Keuangan, Kamis (1/9/2022).

Sebagai salah satu Special Mission Vehicle (SMV) Kementerian Keuangan, Menkeu berharap LPEI dapat mengemban tugas dengan baik sebagai instrumen keuangan negara dalam bentuk pembiayaan ekspor.

“Anda dilahirkan dengan sebuah mission pembangunan yaitu mendukung ekspor Indonesia. Itu manfaatnya banyak sekali. Sangat banyak. Makanya justifie untuk mendapatkan injeksi modal dari pemerintah. Tapi itu bukan uang gratis. Itu adalah uang untuk mencapai mission pembangunan. Untuk Anda artinya terus mendorong ekspor,” ujarnya.

Kemudian, Menkeu meminta kepada seluruh jajaran LPEI untuk terus mengembagkan skill-nya agar dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik dalam mengelola dana ekspor, baik dari sisi pembiayaan, jaminan asuransi dan pembinaan bagi para eksportir.

“Apakah kita sudah memiliki sistem resiko manajemen, tata kelola governance, transparansi akuntabilitas dan memberikan insentif dan reward yang memadai. Nah ini yang saya minta jajaran manajemen dan pimpinan untuk memikirkan pada usia ke 13,” pinta Menkeu.

Selain itu, Menkeu juga meminta agar LPEI dapat memperluas potensi ekspor, salah satunya melalui pembuatan desa eksportir.

“Bayangkan desa itu mendapatkan APBN dalam bentuk dana desa. Berarti resources nya ada. Kita bisa membina untuk mereka menjadi pusat produksi yang kompetitif,” imbau Menkeu.

“Gunakan semangat tasyakuran 13 itu menjadi degup jantung dalam Anda bekerja. Ayo bersemangat bangkit kembali and no more excuses. Saya berharap LPEI menjadi semakin APIK betul-betul harfiah secara singkatan adalah organisasi yang agile, profesional, berintegritas dan kreatif,” tutup Menkeu.

Comments are closed.