NCC 2024

Jokowi Minta Stimulus Ekonomi Tepat Sasaran, Terutama Untuk Pengusaha Yang Tak PHK Karyawan

Bussnews.id – Presiden Joko Widodo meminta agar penyaluran stimulus ekonomi kepada pelaku usaha di tengah maraknya penyebaran pandemi Covid-19 tepat sasaran. Ia meminta penyaluran stimulus diutamakan bagi pengusaha yang berkomitmen tak melakukan PHK kepada karyawannya.

Hal itu disampaikan Jokowi saat membuka rapat terbatas tentang mitigasi dampak Covid-19 di sektor ketenagakerjaan melalui konferensi video, Kamis (30/4/2020).

“Pastikan program stimulus ekonomi yang sudah kita putuskan betul-betul segera diimplementasikan. Segera dilaksanakan dan betul-betul berjalan sehingga dirasakan oleh manfaatnya oleh para pelaku usaha,” ujar Jokowi.

“Dan saya ingatkan juga agar berbagai paket stimulus ekonomi ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki komitmen untuk tidak melakukan PHK. Ini penting,” ucap Presiden.

Ia mengatakan, hingga saat ini ada lebih dari 1 juta pekerja di sektor informal yang telah dirumahkan. Diperkirakan, 375.000 pekerja di sektor formal terkena PHK.

Selain itu, sebanyak pekerja 315.000 pekerja di sektor informal telah dirumahkan. Jokowi menyatakan, sudah banyak pekerja yang dirumahkan atau terkena PHK pada masa pandemi ini.

Covid-19 Karenanya, penting bagi pemerintah memastikan stimulus ekonomi digunakan oleh pelaku usaha tak melakukan PHK kepada karyawannya.

Hal itu sekaligus dapat menekan angka pengangguran di masa sulit. “Karena yang pertama kuta harus mencegah meluasnya PHK,” lanjut mantan Gubernur DKI Jakarta itu. (RB)

Comments are closed.