NCC 2024

Ternyata Ini Penyebab Kilang Minyak Pertamina Balikpapan Terbakar!

BusinessNews Indonesia – Kebakaran kembali melanda kilang PT Pertamina (Persero), kini terjadi di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur pada Jumat (4/3). Lalu apa penyebabnya?

Direktur Utama PT Kilang Pertamina International Djoko Priyono menjelaskan, kebakaran di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, disebabkan flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B di RU V.

Djoko menyebut, saat ini api sudah berhasil dipadamkan.

“Telah terjadi flash di inlet pipa finfan cooler hydrocracker B di RU 5. Alhamdulillah api sudah berhasil dipadamkan dan saat ini progres cooling dan lanjut inspeksi,” ungkap Djoko, dalam keterangannya, Jumat (4/3/2022).

Djoko juga mengatakan, pasca-kebakaran, operasional kilang Balikpapan masih berjalan normal.

Baca Juga : Pertamina Naikkan Harga Elpiji Nonsubsidi, Ini Daftar Lengkapnya!

“Hydrocracker B sementara normal shutdown dan untuk unit-unit proses yang lain normal operasi. Secara umum kilang RU beroperasi normal kecuali hydrocracker B,” ujar Djoko.

Sebelumnya diberitakan, kilang milik PT Pertamina (Persero) di area RU V Pertamina Balikpapan, Kalimantan Timur, terbakar, Jumat (4/3), sekitar pukul 10.30 Wita.

Area Manager Communication, Relation dan CSR PT Pertamina RU V Balikapan Ely Chandra Perangin-Angin mengatakan, titik yang terbakar berada di dalam perimeter kilang.

Baca Juga : Pertamina: Harga Elpiji Subsidi 3Kg Tidak Berubah

Karena hal itu, Ely Chandra meminta masyarakat tidak perlu panik.

Saat kebakaran terjadi, sejumlah pekerja terlihat keluar dari kawasan kilang tersebut.

Namun, pada sekitar 11.00 Wita, api yang sebelumnya tampak berkobar, sudah tidak terlihat lagi. Kini hanya ada asap putih dari titik munculnya api.

(TN)

Comments are closed.