NCC 2024

BPOM Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Lima Produk Vaksin Booster

Businessnews Indonesia – Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) resmi menerbitkan izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) lima produk vaksin Covid-19 yang digunakan sebagai penguat antibodi atau booster.

“Ada lima vaksin yang telah dapatkan EUA melalui proses evaluasi bersama para tim ahli penilai obat atau vaksin dan memenuhi syarat yang ada,” kata Kepala BPOM Penny K Lukito saat menyampaikan keterangan pers di Gedung BPOM, Jakarta Pusat, Senin (10/1/2022).

Dia menjelaskan, BPOM telah mengkaji keamanan, khasiat, dan mutu lima vaksin sebagai booster sejak November 2021. Lima vaksin tersebut juga sudah melalui tahapan uji klinik.

Lebih lanjut, Penny mengatakan, izin penggunaan darurat ini digunakan untuk program vaksin booster homologous dan heterologous. Vaksin booster homologous adalah pemberian dosis vaksin 1-3 menggunakan platform dan merek yang sama. Sedangkan, vaksin booster heterologous merupakan pemberian vaksin dosis ketiga berbeda dengan pemberian vaksin dosis 1 dan 2.

Adapun lima vaksin yang telah mendapatkan izin penggunaan darurat atau EUA dari BPOM hari ini adalah CoronaVac (Sinovac), Pfizer, AstraZeneca, Moderna, dan Zifivax.

Produk vaksin CoronaVac, Pfizer, dan AstraZeneca menjadi jenis vaksin booster homologous. Sementara, Moderna dan Zifivax menjadi jenis vaksin booster heterologous.

Tidak hanya 5 merek vaksin ini yang akan mendapatkan EUA dari BPOM. Penny menyebutkan, bahwa saat ini masih ada beberapa produk vaksin lainnya untuk booster yang sedang diuji klinik.

Tidak hanya 5 merek vaksin ini yang akan mendapatkan EUA dari BPOM. Penny menyebutkan, bahwa saat ini masih ada beberapa produk vaksin lainnya untuk booster yang sedang diuji klinik.

“Ada beberapa lagi (produk vaksin Covid-19) yang sedang diuji klinik untuk vaksin booster ini, dan masih berlangsung. Kita berharap dalam beberapa hari lagi juga bisa kita putuskan EUA-nya,” kata Penny.

Pengumuman EUA vaksin booster ini juga sesuai dengan target program booster vaksin Covid-19 di Indonesia, yang dijadwalkan akan dimulai 2 hari ke depan, yakni pada tanggal 12 Januari 2022. (AFZ)

Baca juga : BPOM Perkirakan Vaksin Merah Putih Bisa Produksi Juni-Juli 2022

Comments are closed.