NCC 2024

Surat Pengoperasian Terbit, Tol BIJB Kertajati Siap Beroperasi

Businessnews.co.idJalan Tol Akses Bandara International Jawa Barat (BIJB) Kertajati kini tengah bersiap untuk pengoperasian. Hal ini disampaikan langsung oleh ASTRA Tol Cipali, selaku pengelola Ruas Tol Cikopo-Palimanan.

Pembangunan tol ini telah selesai pada September 2021 yang dilanjutkan dengan uji laik fungsi dan operasi pada Oktober 2021. Jalan tol akses BIJB Kertajati itu terkoneksi dengan Jalan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali), yang dimulai dari KM 158+700, dengan panjang jalan sekitar 3,7 kilometer (km), lebar lajur 3,6 meter, dan memiliki empat lajur untuk dua arah. 

Presiden Direktur ASTRA Tol Cipali, Firdaus Azis, mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan surat pengoperasian jalan tol akses BIJB Kertajati dan penetapan tarifnya, yang diterbitkan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada 6 Desember 2021.

“Dalam waktu dekat, jalan tol akses BIJB akan diresmikan dan beroperasi. Jalan tol akses ini dapat meningkatkan konektifitas dan pengembangan daerah Jawa Barat khususnya wilayah sekitar,” kata Firdaus dalam keterangan persnya, Rabu (8/12/2021).

Firdaus juga berharap, dengan beroperasinya akses BIJB Kertajati yang nantinya akan terkoneksi dengan Jalan Tol Cisumdawu, akan semakin mempermudah dan memotong waktu tempuh perjalanan. Selain itu juga dapat mendorong pertumbuhan perekonomian sekitar.

Pembangunan jalan tol ini merupakan salah satu dukungan ASTRA Tol Cipali terhadap pembangunan di wilayah sekitar, khususnya Proyek Rebana Metropolitan. Proyek tersebut merupakan inisiasi Pemprov Jawa Barat, dalam upaya pemerataan ekonomi melalui infrastruktur. (AFZ)

Baca juga : Pos Indonesia – Telefast Perluas Jangkauan Bisnis Kurir dan Logistik

Comments are closed.