NCC 2024

Fitur Community Notes Twitter Diluncurkan Secara Global

Jakarta, BusinessNews Indonesia- Twitter telah mulai meluncurkan fitur Community Notes untuk semua penggunanya secara global, perusahaan mengumumkan pada hari Sabtu yang dilansir dari engadget.com pada Selasa (13/12). Sebelumnya dikenal sebagai Birdwatch, fitur tersebut pertama kali memulai debutnya pada tahun 2021 di bawah mantan CEO Jack Dorsey sebagai sarana situs media sosial untuk memerangi informasi yang salah.

Community Notes menggunakan pendekatan crowd-sourced untuk menyanggah tweet yang menyesatkan. Moderator yang merupakan bagian dari program dapat menambahkan catatan ke tweet untuk menambahkan “konteks”. Pengguna reguler kemudian dapat memilih apakah menurut mereka konteksnya “membantu”. Sebelum hari ini, hanya individu di AS yang dapat melihat catatan tersebut. Twitter mengatakan akan segera menambahkan kontributor dari wilayah lain.

Pemilik perusahaan saat ini, Elon Musk, telah memposisikan Community Notes sebagai elemen penting dari visi “Twitter 2.0”, mengklaim bahwa fitur tersebut akan menjadi “pengubah permainan untuk meningkatkan akurasi di Twitter”.

Namun, seperti halnya fitur yang bersumber dari banyak orang, Catatan Komunitas berpotensi menjadi bumerang jika grup menggunakan alat tersebut untuk mempromosikan pandangan partisan.

Peluncuran global Community Notes dilakukan sehari sebelum peluncuran ulang Twitter Blue. Menyusul upaya pertama yang gagal dalam verifikasi akun berbayar, Twitter mengumumkan pada hari Sabtu akan mulai meluncurkan kembali layanan berlangganan yang diperbarui pada hari Senin.

Kali ini, pelanggan harus memberikan nomor untuk tujuan verifikasi sebelum perusahaan menambahkan tanda centang biru ke akun mereka. Selain itu, pengguna yang mengubah pegangan, nama tampilan, dan foto profil akan kehilangan tanda centang biru untuk sementara saat Twitter meninjau akun mereka. (DAF)

Baca Juga: Twitter Sebut Bug Keamanan Android Berikan Akses Ke Pesan Langsung

Baca Juga: Meta Uji Platform Live Streaming Bagi Influencer Bernama Super

Baca Juga: Intip Serunya Menginap di Vega Hotel Gading Serpong

Comments are closed.