Presiden Jokowi Resmikan Transportasi Ramah Lingkungan di Ibu Kota Nusantara

Jakarta, businessnews.co.id –  Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi memperkenalkan sistem transportasi publik ramah lingkungan di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, pada hari Kamis melalui investasi dari perusahaan transportasi Indonesia, PT Blue Bird Group Tbk.

Dalam acara peluncuran yang diselenggarakan secara daring dari Jakarta, Presiden Jokowi menyatakan bahwa pengenalan transportasi ramah lingkungan ini akan mempercepat perkembangan sistem transportasi berbasis listrik di Ibu Kota Nusantara.

Presiden menyoroti investasi sebesar Rp250 miliar yang dilakukan oleh Blue Bird, yang akan difokuskan pada pengadaan bus rapid transit, taksi, mobil rental, serta bus umum bertenaga listrik yang menghubungkan trayek Balikpapan-IKN.

Selain itu, Blue Bird Group juga akan menyediakan infrastruktur pendukung, seperti halte, park and ride, transfer point, dan depo, yang akan diintegrasikan dengan teknologi pintar.

Presiden menegaskan bahwa konsep Ibu Kota Nusantara sejak awal telah ditujukan sebagai kawasan yang ramah lingkungan dalam segala aspeknya, termasuk transportasi, energi, dan lingkungan secara keseluruhan.

“Memang konsepnya sejak awal Ibu Kota Nusantara adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau semuanya, harus hijau,” ungkap Presiden.

Jokowi mengapresiasi komitmen Blue Bird Group dalam mendukung inisiatif transportasi ramah lingkungan di IKN, yang diharapkan menciptakan mobilitas masyarakat yang berkelanjutan dan lingkungan yang lebih bersih serta sehat.

Acara peluncuran transportasi ramah lingkungan di Kabupaten Penajam Paser Utara juga dihadiri oleh sejumlah pejabat tinggi, termasuk Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, serta Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Comments are closed.