NCC 2024

Survei Parameter : Yusril Ihza Mahendra Potensial Jadi Cawapres Koalisi Indonesia Maju

Jakarta, Businessnews Indonesia Sebelum penutupan masa pendaftaran Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden 2024. Parameter Publik Indonesia kembali merilis hasil survey nasional pada Jum”at 20 oktober 2023 melalui Daring dan dihadiri oleh beberapa media.

Survei yang dilakukan periode 6- 16 oktober 2023 dengan metodologi survei multistage random sampling, jumlah responden 1200. Pada angka margin of error -+ 2,8 persen dan tingkat kepercayaan 94 persen.

Dalam proses simulasi pertanyaan terbuka capres, jika pilpres dilakukan hari ini, siapa presiden yang akan anda pilih? Jawabannya Prabowo 30,2%,Ganjar Pranowo 24,6% dan Anies Bawedan 17,8%.

Pertanyaan tertutup, Prabowo Subianto 37,8%, Ganjar Pranowo 32% dan Anies Baswedan 22.6%

Pada simulasi Tertutup cawapres Koalisi Indonesia Maju, dengan 8 nama,. Erik Tohir 20,8%, dan Yusril 20,6%, menjadi dua nama teratas dari calon lainnya.

Direktur Eksekutif Parameter Publik Indonesia Ras Md mengatakan, Prabowo membutuhkan bakal calon presiden yang dekat dengan kalangan religius. Hasilnya nama Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra menguat.

“Dalam survei yang dilakukan Parameter Publik Indonesia, sosok capres potensial nasionalis religius mengarah pada Yusril Ihza Mahendra,” kata Ras dalam konferensi daring, Jumat (20/10/2023).

Yusril Ihza Mahendra dinilai religius dengan 26,8 persen, disusul Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa 24,2 persen, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Tohir 15,8 persen, dan dan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka 11,6 persen. Cocok dipadukan dengan sosok Prabowo yang terkenal dengan nasionalis. Mengulang perpaduan pasangan calon Jokowi Ma’ruf amin pada tahun 2019 lalu, yakni nasionalis lebih melekat dengan jokowi dan religius identik dentik Kyai Marif Amin.

Elektabilitas cawapres Koalisi Indonesia Maju sangat tinggi dibanding dua pasangan lainnya.

Pada simulasi Capres Cawapres 3 pasang calon, Prabowo Yusril 31,8%, Ganjar Mahfud 28,8%, Anies Muhaimin 22,2% dan undecided votwrs 17,2%

Sosok yusril menguat dari beberapa aspek dan dinilai mampu berdampingan dengan Prabowo Subianto sebagai Cawapres. Yusril sosok yang dinilai berpengalaman dari segi pemerintahan 32.8% unggul dari Erik Thohir 28,2%, Khofifah 24.2% dan Gibarn 12.6%.

Sehingga teka teki siapa cawapres Koalisi Indonesia Maju sudah mulai ada titik terang. Dengan keinginan Prabowo untuk mencari yang berpengalaman dan mempunyai kapasitas pemerintahan yang baik ada pada Yusril.

Comments are closed.