Profil Iman Rachman Dirut Baru BEI

Jakarta, Businessnews.co.id Iman Rachman secara resmi ditetapkan sebagai Direktur Utama Bursa Efek Indonesi, sesuai keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Bursa Efek Indonesia (BEI) 2022, Rabu (29/6/2022).

Iman Rachman dipercaya memimpin BEI untuk periode 2022-2026. Iman menggantikan Inarno Djajadi yang akan menjabat sebagai Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebelum ditunjuk sebagai nahkoda baru pasar modal Indonesia itu, Iman Rachman menjabat sebagai Direktur Strategi, Portofolio, dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero).

Sejumlah posisi direksi yang pernah dijabat Iman antara lain Direktur Utama PT Perusahaan Pengelola Aset (2019—2020), Direktur Keuangan PT Pelabuhan Indonesia II (2016—2018), dan Direktur Investment Banking PT Mandiri Sekuritas (2003—2016).

Selama menjabat sebagai direktur di BUMN, Iman beberapa kali tercatat sukses meraih penghargaan. Pada tahun 2020, dia terpilih sebagai CEO Visioner Terbaik yang diselenggarakan BUMN Track.

Dia juga pernah memboyong 2nd Winner of Indonesia Best CFO pada 2018 dan Best CFO pada 2017 yang masing-masing digelar oleh Swanetwork. Pada 2016, Iman terpilih menjadi Indonesia Future Business Leader.

Pria kelahiran 31 Mei 1972 itu menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, Bandung, Jawa Barat (1995), lalu meraih gelar Master of Business Administration in Finance dari Leeds University Business School, Leeds, West Yorkshire, Inggris (1997).

Sementara itu, selain menetapkan Iman sebagai Dirut BEI, RUPST juga menetapkan I Gede Nyoman Yetna, Kristian Sihar Manullang, Risa Effennita Rustam, Irvan Susandy, Sunandar, dan Jeffrey Hendrik, sebagai direktur BEI Periode 2022-2026.

Tiga nama pertama sebelumnya menjabat sebagai direktur dalam jajaran direksi periode 2018-2022. Nyoman sebelumnya mengisi posisi yang sama di BEI pada periode 2018-2021.

Kristian Sihar Manullang juga masih menduduki posisi Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan, sama seperti periode sebelumnya. Adapun Risa Effenita Rustam melanjutkan jabatannya sebagai Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia BEI.

Sementara itu, Irvan Susandy yang sebelumny menjabat Kepala Divisi Pengaturan dan Operasional Perdagangan BEI ditetapkan sebagai Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa, menggantikan posisi yang diisi oleh Laksono W. Widodo.

Sementara posisi Hasan Fawzi sebagai Direktur Pengembangan akan diisi oleh Jeffrey Hendrik. Adapun Direktur Teknologi Informasi dan Manajemen Risiko BEI akan dijabat oleh Sunandar yang menggantikan Fithri Hadi, 

Baca Juga: Resmi, Iman Rachman Ditetapkan Sebagai Dirut BEI

1 Comment
  1. […] Baca Juga: Profil Iman Rachman Dirut Baru BEI […]

Comments are closed.