NCC 2024

Sukses Lakukan Transormasi Lewat Penerapan GRC, Berdikari Raih Dua Penghargaan GRC & Performance Excellence Award 2022

Businessnews Indonesia – PT Berdikari (Persero) berhasil meraih penghargaan dalam ajang bergengsi tingkat nasional diajang awarding tahunan GRC & Performance Exellence Award 2022 yang digelar oleh Majalah BusinessNews Indonesia di Fairmont Hotel, Jakarta, Rabu malam (27/7/2022).

Pada acara yang mengangkat tema “Collaboration and Harmonization – Achieving Business Goals Together”  itu mendapuk salah perusahaan bagian dari ID FOOD yang bergerak di bidang peternakan ayam dan sapi bidang dengan penghargaan peringkat Bintang 5 Gold. Adapun penghargaan yang diterima PT Berdikari (Persero) itu dalam katagori The Best Grc For Corporate Risk Management 2022 (Livestocks & Logistics Industries).

Dalam mendukung keberhasilan itu, penghargaan juga diberikan kepada Dheni Kamavina sebagai The Best Corporate Secretary.

Sebelumnya, Group Head Corporate Secretary PT Berdikari (Persero), Dheni Kamavinsaat memaparkan hingga triwulan I 2022, Berdikari menjadi salah satu dari anak perusahaan BUMN Holding Pangan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI atau ID FOOD) yang membukukan laba.

“Berdikari banyak melakukan transformasi, sejak tahun 2018 Berdikari sudah mulai bisa membukukan laba untuk posisi keuangannya. Sampai dengan 2021 ini kami terus meningkat membukukan laba untuk bisnis kami,” kata Dheni.

Sebagai perusahaan yang saat ini fokus di bidang bisnis peternakan, Dheni mengklaim Berdikari saat ini berada di posisi keempat dari pemain-pemain bisnis poultry yang ada di Indonesia.

Dalam menjalankan Good Corporate Governance (GCG), perusahaan menerapkan enam sistem dan kebijakan, yakni pedoman etika dan perilaku (code of conduct), pedoman pengendalian gratifikasi, pedoman pengelolaan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), pedoman kerja Dewan Komisaris dan Direksi (Board Manual), pedoman pelaporan sistem dugaan pelanggaran (Whistleblowing System), serta Penyusunan Pedoman SOP.

Hal ini berdampak pada melekatkan budaya dan nilai-nilai GRC yang kuat pada Insan Berdikari, menciptakan budaya perusahaan anti-gratifikasi dengan cakupan seluruh Stakeholders, meningkatkan nilai transparansi perusahaan, meningkatkan efektivitas Direksi dan Dewan Komisaris dalam memahami dan menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, mencegah terjadinya praktik pelanggaran oleh Insan Perusahaan serta memperkuat sistem pengendalian internal, serta memperkuat standar pengendalian Dokumen dan pedoman kerja.

Untuk penerapan sistem manajemen anti penyuapan, perusahaan telah mendapatkan sertifikasi ISO 37001:2016 pada tanggal 12 Oktober 2020 dan berhasil dipertahankan pada 15 Desember 2021.

Pada tahun ini, dalam menerapkan pengendalian risiko (risk management), perusahaan telah menyelenggarakan program budaya sadar risiko yang inovatif melalui “BerdikaRisk Culture Program” untuk memperkuat budaya risiko dan kesadaran risiko di seluruh perusahaan.

Dampaknya dari transformasi dan penerapan GRC yang efektif, dari periode 2020-2021 perusahaan berhasil mencatatkan pertumbuhan pendapatan (revenue) sebesar 96,99 persen, pertumbuhan laba bersih (net profit) sebesar 16,95 persen, pertumbuhan aset 15,82 persen, dan pertumbuhan ekuitas sebesar 130,79 persen.

Baca Juga : Didukung Semangat Milenial, Berdikari Siap Bertransformasi Lewat Penerapan GRC

Comments are closed.