Komisi III DPR Apresiasi Langkah Polri yang Utamakan Pendekatan Humanis

BusinessNews Indonesia – Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni, mengapresiasi langkah Tim Siber Bareskrim Polri yang mengirimkan peringatan virtual pada sejumlah akun media sosial (medsos) yang terindikasi membagikan konten hoax sekaligus berpotensi pidana. Menurutnya langkah tersebut sudah sangat tepat.

“Ini adalah pendekatan baru yang segar dan positif. Polisi lebih mengutamakan pendekatan yang humanis dalam menindak dugaan hoax daripada langsung melakukan penindakan,” ungkap Sahroni, dikutip dari beritasatu.com (25/2).

Sahroni mengatakan bahwa kebijakan baru Tim Siber Bareskrim Polri tersebut memang tidak mudah dilakukan karena harus berkoordinasi dengan para ahli dari berbagai latar belakang keilmuan untuk menguatkan dugaan yang ada.

“Ini bukti nyata dari komitmen Polri untuk memberantas hoax. Langkah dari Direktorat Siber Polri ini sangat jenius, dan saya sangat apresiasi karena untuk melakukan kordinasi bersama ini butuh effort yang besar,” kata dia.

Baca juga: Masyarakat Indonesia Mulai Migrasi ke Cashless, Jumlahnya Tertinggi Se-Asean

Peringatan virtual terlebih dahulu, kata dia, merupakan sebuah bentuk upaya Polri dalam menjalankan misi Polri menjadi satuan yang lebih humanis.

“Adanya peringatan virtual polisi kepada akun medsos artinya mereka tidak perlu harus langsung dipidanakan, cukup diberi peringatan terlebih dahulu. Dengan begitu menurut saya Polri sudah menjalankan arahan Kapolrinya, yaitu menjadi Polri yang lebih humanis,” tuturnya mengapresiasi. (W/ZA)

Baca juga: Iran Tingkatkan Pengayaan Uranium Demi Dukung Program Nuklirnya

Comments are closed.