Sunday, November 28, 2021
HomeBUMNIPC TPK Terapkan 7 Golden Safety Rules

IPC TPK Terapkan 7 Golden Safety Rules

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– Berangkat dari pentingnya Kesehatan, Keselamatan, Keamanan dan Lingkungan (K3L) di pelabuhan, IPC Terminal Petikemas/IPC TPK menggelar Safety Forum dan Sosialisasi 7 Golden Safety Rules yang dihadiri oleh perusahaan bongkar muat selaku mitra kerja serta perangkat operasional IPC TPK di area Pelabuhan Tanjung Priok.

Forum ini diinisasi IPC TPK bertujuan sebagai wadah komunikasi, partisipasi dan konsultasi untuk mencegah dan mengurangi risiko kecelakaan kerja serta menciptakan area terminal yang aman dan sehat.

“Sebagai salah satu objek vital nasional serta mengingat peran penting pelabuhan dalam pergerakkan ekonomi negara, aspek Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L) harus menjadi prioritas utama seluruh pihak yang beroperasi di area kerja IPC TPK. Hari ini kami (IPC TPK) sosialisasikan 7 Golden Safety Rules yang merupakan rule of thumb penerapan K3L di area kerja IPC TPK.” kata Wahyu Hardiyanto saat membuka kegiatan tersebut.

Golden Safety Rules yang diberlakukan di IPC TPK meliputi 7 tahapan Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L) diantaranya Sadari Kondisi Sekitar (Aware of Your Surroundings), Lalu Lintas (Traffic), Operasi Pengangkatan (Lifting Operation), Alat Pelindung Diri (Personal Protective Equipment), Ijin Kerja (Work Permit), Pencegahan Jatuh (Failing Prevention) dan Manajemen Perubahan (Change Management).

Hadir dalam Safety Forum ini diantaranya jajaran Direksi IPC TPK Direktur Utama IPC TPK Wahyu Hardiyanto dan Plh Direktur Operasi & Teknik IPC TPK David Sirait serta beberapa entitas perusahaan yang beroperasi di Pelabuhan Tanjung Priok diantaranya Direktur Utama PT PBM Olah Jasa Andal Tejas Nataraj, Direktur PT PBM Adipurusa Sony Tan, General Manager PT Mitra Sentosa Abadi Moch.

Rochim, Direktur PT PBM Dwipahasta Utamaduta Fikri Ramadhan, Direktur PT Tangguh Samudera Jaya Yudhiarto, General Manager PT Mahardi Saranatama Andi Ichsan, Manager HSE PT Prima Nur Panurjwan Melvin, Manager Komersial Temas Port Heri dan para perangkat operasional IPC TPK.

“Kesehatan, Keselamatan, Keamanan, dan Lingkungan (K3L) memberikan pengaruh penting pada seluruh lini operasi bisnis IPC TPK. Forum ini diharapkan jadi langkah awal IPC TPK untuk secara kontinu memastikan keselamatan telah diintegrasikan keseluruh aspek bisnis, melaksanakan evaluasi serta pengawasan terhadap penerapan 7 Golden Safety Rules yang merupakan pondasi bagi sasaran IPC TPK terlaksananya kegiatan bongkar muat yang zero accident, zero defect dan zero delay,” tutup Wahyu.

Selain sosialisasi, pada forum ini dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama sebagai bentuk kesepakatan atas penerapan 7 Golden Safety Rules di area kerja PT IPC Terminal Petikemas. Nantinya forum ini akan diselenggarakan secara rutin setiap 2 bulan dengan melibatkan seluruh mitra kerja diseluruh area kerja IPC TPK. (DAF/rilis)

Related articles

spot_img

Latest posts