Monday, November 29, 2021
HomeBUMNTerus Tingkatkan Layanan Kepelabuhan, IPC Terminal Petikemas Raih Penghargaan GRC Award 2021

Terus Tingkatkan Layanan Kepelabuhan, IPC Terminal Petikemas Raih Penghargaan GRC Award 2021

-

Jakarta, BusinessNews Indonesia– PT IPC Terminal Petikemas meraih dua penghargaan sekaligus, yaitu The Best GRC For Corporate Governance 2021 dan The Best Corporate Secretary, yang diterima oleh Amanda pada event bergengsi GRC & Performance Excellence Award 2021, yang diselenggarakan oleh Majalah Business News Indonesia secara daring pada Kamis (05/08) di SKY Ballroom JHL Solitaire Gading Serpong.

Acara yang digelar dengan mengangkat tema “Role of GRC During Crisis, Recovery and Reinvention’’ itu bekerjasama dengan OCEG – USA, FHCI (Forum Human Capital Indonesia), Grajosa Resources, IICD (Indonesian Institute Corporate Directorship).


Berkaitan dengan ini, dalam agenda penjurian GRC Award 2021, Amanda Maulina menjelaskan bahwa IPC PTK dalam menjalankan operasional kepelabuhan, selalu memiliki komitmen untuk menyediakan layanan kepelabuhanan yang profesional, bersih, dan transparan dengan mengacu pada prinsip Tata Kelola Perusahaan yang Baik (Good Corporate Governance) dan Corporate Value AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif).


Berpegang pada komitmen tersebut, dengan tegas menolak segala bentuk suap, pungli, dan bentuk gratifikasi lainnya dari seluruh stakeholders maupun pengguna layanan kepelabuhanan.

“Guna menjaga operasional pelabuhan agar tetap bersih, seluruh pekerja harus menjunjung tinggi penerapan GCG dan tata nilai AKHLAK dan tegas menolak segala bentuk gratifikasi dan aktivitas pungli di lingkungan IPC TPK,” jelas Amanda Maulina selaku Corporate Secretary PT IPC Terminal Petikemas dalam acara penjurian.

Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely

Dalam kesempatan tersebut, hadir Deputi Bidang Keuangan dan Manajemen Risiko Kementerian BUMN Nawal Nely yang menyampaikan bahwa, Core Values AKHLAK yang telah diluncurkan BUMN tersebut secara eksplisit mendukung praktik Governance Risk and Compliance (GRC) yang dicetuskan oleh Open Compliance and Ethic Group (OCEG) Amerika pada tahun 2003. GRC ini merupakan kemampuan kritis yang digunakan untuk mencapai tujuan organisasi sekaligus mengatasi ketidakpastian dan bertindak dengan sikap integritas.

“GRC is quite an important topic di Kementerian BUMN sekarang. Saya ingat pada tahun 2020 lalu Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) meluncurkan logo baru yang lebih modern serta meresmikan AKHLAK sebagai core values kementerian dan perusahaan. AKHLAK merupakan akronim dari Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif,” pungkasnya.

Ketua Penyelenggara GRC & Performance Excellence Award 2020 Irnanda Laksanawan menjelaskan, bahwa event ini merupakan kegiatan corporate rating (award) tahunan di bidang Tata kelola perusahaan, Manajemen Risiko, dan Manajemen Kepatuhan (compliance) yang diselenggarakan oleh Majalah BusinessNews Indonesia tahun ketiga.

“Tujuan dari Award ini adalah untuk mendorong peningkatan bisnis perusahaan melalui pengembangan kebijakan dan implementasi tata kelola perusahaan, manajemen risiko, dan kepatuhan terhadap regulasi secara terintegrasi,” ujar Irnanda dalam sambutannya.


Sebagai informasi, acara ini juga didukung oleh para pakar dan profesional bidang GCG, Strategic Management, Finance, Banking, Insurance, ICT, Riset & Inovasi konsultan GCG, Manajemen Risiko, Manajemen Kepatuhan, maupun berbagai perguruan tinggi dan yang lainnya, kesemuanya tergabung sebagai Dewan Juri GRC & Performance Excellence Award 2021.

Para penerima penghargaan ini merupakan hasil riset & survey dari Dewan Juri yang merupakan Para Pakar di bidangnya terhadap perseroan dan lembaga yang kemudian diperdalam lagi pemaparan materinya pada sesi penjurian untuk melakukan pendalaman atas keberhasilan kinerja perusahaan serta kebijakan dan implementasi Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Kepatuhan.

Secara umum tujuan penyelenggaraan kegiatan ini yaitu dalam rangka mendorong perusahaan agar lebih mematuhi tata kelola perusahaan yang baik secara internal maupun terhadap stakeholdernya. Sehingga diharapkan perusahaan dapat lebih kredibel dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat.(DAF)

Related articles

spot_img

Latest posts