NCC 2024

Erick Thohir Tegaskan BUMN Harus Sejahterakan Masyarakat!

BusinessNews Indonesia – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menegaskan tugas utama BUMN adalah mendukung pertumbuhan bisnis bagi semua kalangan dan mensejahterakan masyarakat.

“Juga BUMN memastikan harus mensejahterakan rakyatnya, karena badan usaha milik negara, bukan badan usaha milik nenek lu. Jadi itu tugasnya,” ungkap Erick saat peluncuran project manajement office (PMO) Kopi Nusantara yang disiarkan secara virtual Minggu, (30/1).

Erick mengibaratkan saat ini BUMN adalah kapal induk besar yang menyatukan semua kalangan yang ada untuk membangun keseimbangan ekonomi Indonesia. Di mana saat ini, kata dia, BUMN merupakan satu per tiga dari kekuatan ekonomi Indonesia.

Baca Juga : Erick Thohir Minta TJSL BUMN Tak Saling Bersaing

Salah satu upaya mensejahterakan rakyat, kata dia, adalah dengan membuat ekosistem yang terdiri dari petani atau produsen, pemberi modal, pendamping, jaminan atau asuransi, dan pembeli. Dia mengatakan saat ini sedang membangun ekosistem kopi nusantara.

Tak hanya itu, Erick juga menuturkan salah satu alasan membangun ekosistem kopi, karena, melihat 96 persen dari dalam ekosistem kopi adalah petani. Ekosistem itu berbeda dengan sawit, di mana 60 persen swasta dan 40 persen petani.

Baca Juga : Kementerian BUMN Diminta Tegur Serikat Pekerja Pertamina Bersatu

Erick menegaskan bahwa semua pihak termasuk pemerintah pusat, daerah, dan swasta, harus bersama-sama merajut ekosistem Indonesia untuk kesejahteraan semua.

Baca Juga : Erick Thohir Sebut Holding Jasa Survei BUMN Sempat Jadi ‘Kanibal’

“Bukan mengental untuk sebagian kelompok. Karena kalau mengental sebagian kelompok, tidak harmonis tidak rukun, akhirnya ada gonjang ganjing,” ucapnya. (TN)

Comments are closed.