NCC 2024

Perdana! Pelabuhan Internasional Patimban Lakukan Aktivitas Ekspor ke Brunei Darussalam

BusinessNews Indonesia – Pengoperasian perdana Pelabuhan Internasional Patimban telah dilakukan. Pengoperasian ini merupakan peluncuran awal (soft launching) yang diikuti dengan aktivitas ekspor berupa unit kendaraan dengan tujuan Brunei Darussalam turut dilakukan.

Pesiden Joko Widodo secara daring mengikuti acara tersebut. Ia di Istana Kepresidenan Bogor Bersama Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Sementara, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil hadir dalam pelunucuran perdana aktivitas pelabuhan Internasional yang ada di Subang Jawa Barat ini, pada Minggu (20/12).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi melaporkan kepada Preseiden, bahwa aktivitas ekspor tersebut terdiri atas 140 unit kendaraan dari berbagai principal, yang dimuat di Kapal MV. Suzuka Express.

“Akan dilakukan ekspor perdana sebanyak 140 unit mobil yaitu Toyota, Daihatsu, Suzuki dengan kapal MV. Suzuka Express dengan tujuan Brunei,” ujarnya.

Baca juga: Kembali Merebak, Kini WHO Terus Gali Informasi Jenis Baru Virus Corona di Inggris

Pada pembangunan fase pertama ini, Pelabuhan Patimban sudah dilengkapi dengan terminal peti kemas seluas 35 hektare dan terminal kendaraan seluas 25 hektare dengan kapasitas 218.000 CBU yang akan meningkat hingga 600.000 CBU pada akhir fase pembangunan di 2027 mendatang.

“Tetapi saya ingatkan bahwa Pelabuhan Patimban ini juga harus mendukung ekspor produk-produk yang menggerakkan ekonomi UMKM, sektor pertanian, industri kreatif, serta produk lainnya sehingga mampu bersaing di pasar global,” kata Presiden saat memberikan sambutan.

Sebelumnya pada November 2019 lalu, Presiden Joko Widodo telah meninjau perkembangan pembangunan Pelabuhan Patimban yang merupakan proyek pembangunan bertahap dan jangka Panjang. Pembangunan ini  memiliki nilai investasi sebesar Rp29 triliun hingga Rp50 triliun.

Sebagaimana siaran presidenri.go.id, pelabuhan ini memang dibangun dengan visi agar dapat menjadi hub besar untuk ekspor otomotif nasional. (Ed.ZA/pers)

Baca juga: Lion Air JT173 Tergelincir, Awak dan Penumpang Selamat

Comments are closed.