NCC 2024

Dinkop dan UKM Kalsel Kerja Sama Sarinah dan Telkomsel Pasarkan Produk UMKM

Businessnews Indonesia  Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan terus melakukan program kerja sama, kali ini dengan menggandeng Sarinah dan Telkomsel guna memasarkan produk UMKM.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalimantan Selatan, Gustafa Yandi melalui Kepala Seksi Pengembangan Kerja Sama, H.M. Rahmady Abasmay menjelaskan perkembangan program kerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

“Tahun 2021 silam, tim Dinas Koperasi sudah melaksanakan kerja sama dengan Angkasa Pura Retail dan PT Sarinah dalam pengadaan Gerai UMKM di bandara,” sebut Rahmady, Kamis (10/2).

Kini, pelaku UMKM terus bertambah untuk turut menjual produknya di lantai dua terminal keberangkatan Bandara Internasional Syamsudin Noor.

Baca Juga : Erick Thohir Perintahkan Sarinah Gerakkan UMKM dan Brand Lokal

Gerai tersebut dikelola langsung oleh PT Sarinah, salah satu perusahaan retail milik negara, sehingga pelaku UMKM di gerai bandara terus dievaluasi dan terus ditambahkan.

“Gerai UMKM tersebut terus dilakukan monitoring dan dikurasi dalam artian UMKM yang terpilih boleh dikatakan sudah naik kelas,” tambahnya.

Program kerja sama itu disebutkan mendapat apresiasi tinggi dari Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor, sebab penganggaran untuk pengelolaan gerai tersebut selalu ditambah dan akan diperluas.

Sejak pertama diluncurkan ada 58 pelaku yang tergabung di gerai bandara, saat ini terus meningkat dan mendekati 200 pelaku UMKM Banua.

Selain gerai, program kerja sama lainnya yakni sebagai fasilitator pada program aplikasi 99 persen usahaku milik Telkomsel.

Aplikasi 99 persen usahaku merupakan pasar digital yang dapat membantu pelaku UMKM untuk menjual produknya melalui virtual.

(TN)

Comments are closed.