NCC 2024

Airlangga Optimis Ekonomi Kuartal II Tumbuh Tujuh Persen

Jakarta, BusinessNews Indonesia – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, menyampaikan optimismenya bahwa ekonomi nasional pada kuartal II 2021 akan tumbuh tujuh persen.

Optimisme tersebut didasari pada sejumlah indikator mulai realisasi penanaman modal asing (PMA) hingga indeks keyakinan konsumen (IKK) yang mengalami perbaikan.

“Pertumbuhan ekonomi kuartal kedua akan bergerak positif, diperkirakan mencapai tujuh persen.” kata dia, dilansir dari Republika (17/5).

Baca juga: Menperin: Pembangunan Kawasan Industri Halal Harus Dipercepat

Realisasi PMA, kata dia, bahkan mencapai 54,6 persen. Sedangkan IKK kelompok masyarakat pengeluaran di bawah Rp5 juta per Maret 2021 bahkan mencapai 90,1 atau mendekati zona normal 100. Kegiatan ekspor dan impor pun terlihat sudah kembali normal. Termasuk belanja pemerintah yang telah berada di jalur positif.

“PMTB kita sudah mendekati arah positif 0,23 persen. Bahkan ekspor 6,74 persen lebih tinggi dibanding pra-Covid, sedangkan impor barang modal dan konsumsi 5,27 persen.” imbuhnya.

Selain itu, kenaikan harga komoditas seperti sawit, karet, nikel, tembaga dan batubara turut mendorong pemulihan ekonomi. Hal tersebut terlihat dari perbaikan kondisi perekonomian daerah sepanjang kuartal I 2021.

Seperti di Pulau Sumatera tercatat pertumbuhan ekonomi telah mendekati arah positif 0,86 persen. sementara itu, untuk Pulau Jawa berada pada angka 0,83 persen. Sedangkan sebagian pulau di tengah dan timur Indonesia juga mengalami pertumbuhan ekonomi yang positif, dimana Sulawesi 1,2 persen dan Papua 8,97 persen.

“Tentunya, ini didorong oleh harga-harga komoditas baik itu sawit, karet, nikel, copper, dan batubara.” pungkasnya. (W/ZA)

Baca juga: Kemenparekraf Pastikan Destinasi Wisata Terapkan ‘Prokes’ saat Libur Lebaran

Comments are closed.