Yuk Intip, Empat Sektor Strategis untuk Roadmap Indonesia Digital 2021-2024

BusinessNews Indonesia – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah selesai menyusun Roadmap Indonesia Digital 2021-2024. Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyebut peta jalanitu memuat empat sektor strategis sesuai arahan Presiden Joko Widodo. Pihaknya juga sedang melaporkan peta jalanitu kepada Presiden.

 “Secara garis besar Peta Jalan ini memberikan penjelasan mengenai arah kebijakan, implementasi pelaksanaan dan target capaian untuk transformasi digital Indonesia di empat sektor strategis,” ujar Johnny.

Johnny merinci empat sektor strategis itu mencakup infrastruktur digital, pemerintahan digital, ekonomi digital, dan masyarakat digital.

“Penyusunan peta jalan itu juga melibatkan mitra Kementerian Kominfo, kementerian dan lembaga terkait, termasuk perwakilan sektor swasta dan masyarakat,” tandasnya.

Mengutip siaran pers Kominfo, dokumen Peta Jalan Indonesia Digital selanjutnya menunggu arahan dan petunjuk kebijakan lebih lanjut sebelum disampaikan kepada publik.

“Peta jalan Indonesia Digital 2021-2024 disusun berdasarkan lima arahan Bapak Presiden, menyangkut percepatan transformasi digital Indonesia,” ungkapnya.

Sebelumnya pada bulan Agustus 2020, Presiden Jokowi memberikan arahan untuk percepatan transformasi digital di Indonesia. Arahan itu mencakup lima langkah utama. Langkah pertama, Presiden meminta segera mempercepat perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, Presiden meminta adanya peta jalan transformasi digital di sektor-sektor strategis.

Ketiga, Presiden meminta agar integrasi pusat data nasional dipercepat. Keempat, Presiden ingin agar kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital disiapkan. Dan kelima, Presiden meminta agar jajarannya segera menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital. (rilis/ZA)

Baca juga: Warga Cina Buat Vaksin Covid-19 Palsu, Pemerintah Berhasil Menangkapnya

Comments are closed.