NCC 2024

Akhirnya Jack Ma Muncul Pertama Kali Sejak Oktober Lalu

BusinessNews Indonesia – Jack Ma, Pendiri Alibaba Group, setelah menghilang beberapa bulan akhirnya muncul di kegiatan publik. Dalam kemunculan tersebut, Jack Ma bertemu dengan 100 guru pedesaan di China melalui video meeting pada hari Rabu.

Hal tersebut dilaporkan secara langsung oleh media pemerintah setempat. Pertemuan tersebut merupakan kemunculan pertama Ma sejak Oktober 2020 lalu. Kemunculan Ma turut memicu lonjakan tajam pada saham raksasa e-commerce yang terdaftar di Bursa Hong Kong.

Dikutip dari Republika (21/1), Tianmu News, portal berita di bawah Zhejiang Online, sebuah situs berita dukungan pemerintah, telah melaporkan pertemuan tersebut pada Rabu lalu.

Seperti diketahui, Jack Ma tidak pernah muncul ke publik sejak rencana IPO raksasa fintech Jack Ma, Ant Group gagal melantai bursa. Ma hilang secara misterius setelah mengeluarkan pernyataan kritik terhadap pemerintah China.

Baca juga: Baru Sehari Menjabat, Biden Langsung Revisi Aturan Peninggalan Trump

Jack Ma telah mengkritik sistem perbankan China beserta struktur regulasi keuangan negara Komunis tersebut. Ia turut mengkritik bahwa hal itu tidak sesuai dengan perkembangan zaman.

Kritik pedas terhadap Pemerintah Cina itu langsung menghancurkan rencana IPO raksasa fintech Ma, Ant Group. Kejadian itu terjadi pada 3 November tahun lalu atau hanya dua hari sebelum realisasi.

Seperti diberitakan, bahwa pembatalan tersebut diperintahkan secara langsung oleh Presiden China, Xi Jinping. Selain itu, Alibaba pun tengah dilakukan pengawasan atas tuduhan monopoli. Bahkan, kabar yang beredar mengatakan bahwa Cina akan melakukan nasionalisasi terhadap perusahaan milik Ma tersebut. (W/ZA)

Baca juga: Emiten Properti Ramai-Ramai Terbitkan Obligasi

Comments are closed.