NCC 2024

Reshuffle Kabinet, Sandiaga Uno Gantikan Wishnutama

BusinessNews Indonesia – Beberapa hari ini santer kabar bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan reshuffle kabinet pada Rabu (23/12) esok. Bahkan, Presiden Jokowi akan memanggil beberapa calon menterinya pada hari ini.

Heru Budi Hartono, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), tak menampik kabar tersebut. Seperti dikabarkan Beritasatu.com, kemarin Heru membenarkan bahwa presiden akan memanggil para calon menterinya hari ini.

“Besok,” kata Heru Senin (21/12).

Namun ketika ditanya lebih lanjut nama-nama calon menteri yang akan dipanggil Presiden ke Istana, Heru enggan mengungkapkannya. Dalam kesempatan tersebut, Heru turut membantah bahwa pertemuan antara Jokowi dan Wapres Ma’ruf Amin membahas reshuffle kabinet yang akan dilakukan pada Rabu.

“Diskusi ringan,” tambahnya.

Baca juga: Kominfo Tambah Fitur Layanan Telemedis untuk Perkuat Aplikasi PeduliLindungi

Berdasarkan informasi yang diperoleh, setidaknya terdapat enam kementerian yang dikabarkan akan dirombak, yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf), Kementerian Perdagangan, Kementerian Sosial, Kementerian Agama serta Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Sejumlah nama muncul menjadi calon kuat pengganti menteri diantaranya, Budi Gunadi Sadikin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri BUMN sekaligus Juru Bicara Satgas Pemulihan dan Transformasi Ekonomi Nasional dikabarkan akan menggantikan posisi Terawan Agus Putranto sebagai menteri kesehatan. Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, disebut menjadi calon kuat menjadi  menteri sosial menggantikan Juliari P Batubara.

Sementara itu, posisi Menteri Agama akan diganti Khatib Aam PBNU, Yahya Cholil Stakuf. Muncul juga nama Wakil Menteri Pertahanan, Wahyu Sakti Trenggono, yang akan menakhodai Menteri Kelautan dan Perikanan yang ditinggal menteri sebelumnya.

Posisi Menteri Perdagangan disebut turut akan diganti dan nama Dubes RI di Amerika Serikat, M Lutfi, disebut akan masuk. Sementara itu, mantan Wakil Gubernur DKI sekaligus mantan Kandidat Wakil Presiden pemilu lalu, Sandiaga Uno, diisukan akan menggeser Wishnutama Kusubandio sebagai menteri pariwisata dan ekonomi kreatif. (W/ZA)

Baca juga: Hindari Kekeringan, Kementerian PUPR Rampungkan 18 Bendungan Baru Periode 2015-2020

Comments are closed.