NCC 2024

Indonesia Inisiasi Asean Comprehensive Recovery Framework (ACRF) Demi Atasi Dampak Covid-19

BusinessNews Indonesia Indonesia menjadi inisiator dalam pembentukan ASEAN Travel Corridor Arrangement (TCA) dalam Pertemuan ASEAN Economic Community Council (AECC) / Dewan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) ke-19 yang digelar secara virtual pada Selasa (10/11).

Inisiatif ini disampaikan oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, dengan tujuan untuk menghidupkan kembali berbagai sektor yang terdampak Covid-19.

“Pemerintah Indonesia berharap bisa memperkuat kerja sama ekonomi antar negara ASEAN untuk mempercepat upaya pemulihan ekonomi melalui sinergi pemerintah dan swasta. Selain itu, dengan menyediakan lapangan pekerjaan yang berkualitas bagi seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Airlangga Hartarto didampingi oleh Mendag, Agus Suparmanto secara daring (10/11).

Dalam keterangannya, Airlangga menyebutkan bahwa kerangka kerja tersebut telah disepakati dengan nama ASEAN Comprehensive Recovery Framework (ACRF). Dalam implementasinya, ACRF nantinya akan turut melibatkan seluruh pilar ASEAN, terutama ekonomi, dengan fokus penanganan dampak COVID-19 yang cepat dan fleksibel.

“Indonesia mengupayakan agar program ini tidak bersifat business as usual dan mendorong badan sektoral terkait untuk melaksanakan program atau inisiatif sesuai timeline yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini pula, Airlangga menyampaikan respons kebijakan yang telah diambil Indonesia dalam Program Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN).

Airlangga menekankan pada pemanfaatan teknologi digital dalam pelaksanaan pemulihan ekonomi.

“Hal ini penting tidak hanya untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas, tetapi juga mendorong inklusivitas dan mempromosikan inovasi,” tambahnya. (ZA)

Comments are closed.