NCC 2024

Hari Listrik Nasional, Menteri ESDM Luncurkan Stasiun Penukaran Baterai di Tiga Lokasi

BusinessNews Indonesia – Arifin Tasrif, Menteri ESDM RI secara resmi meluncurkan Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) di tiga lokasi berbeda secara virtual pada Selasa lalu (03/11). Ia berharap peluncuran ini dapat menjadi solusi dalam mendorong percepatan ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai.

“Dalam momentum Hari Listrik Nasional ke-75 ini, Kementerian ESDM juga meluncurkan operasional SPBKLU. Diharapkan SPBKLU ini dapat menjadi salah satu solusi percepatan terbentuknya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai. Melalui SPBKLU, pengisian ulang baterai dapat dilakukan dengan lebih cepat karena dukungan teknologi,” ucap Arifin dalam keterangan resminya (03/11).

Peluncuran ini turut melibatkan beberapa badan usaha yang berkaitan dengan operasional SPBKLU. Beberapa badan usaha yang hadir yaitu Ezyfast, OYIKA, dan Grab Indonesia.

Nicodemus Suheri, pendiri Ezyfast, menuturkan bahwa penukaran baterai sangat mudah. Bahkan ia mengibaratkannya seperti isi ulang galon air.

“Prinsip penukaran baterai seperti prinsip penukaran galon. Kita menukar galon yang kosong, kita diberikan yang sudah diisi. Untuk pengisian, biarkan mesin yang melakukannya,” tuturnya.

Sementara itu, OYIKA turut mengapresiasi langkah ini karena dapat menjadi bagian dari kemajuan Indonesia dan berencana membuka 1.000 SPBKLU.

“OYIKA merasa bangga menjadi bagian dari percepatan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai di Indonesia. Saat ini ada 11 SPBKLU yang disebarkan di Jakarta untuk uji coba tahap awal. Kami berencana untuk memasang 1.000 SPBKLU di Jakarta pada 2021,” tutur Larry Lim, Direktur Utama OYIKA.

Ridzki Kramadibrata, Presiden Grab Indonesia, yang hadir dalam peluncuran mengatakan bahwa pihaknya turut mendukung implementasi kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

“Grab siap menyukseskan program pemerintah dalam membangun ekosistem kendaraan berbasis listrik. Kami terbuka untuk berkolaborasi dengan semua pelaku industri, terutama yang akan menciptakan nilai tambah untuk perekonomian nasional,” jelasnya.

Peluncuran SPBKLU dilakukan di tiga lokasi, yaitu Kantor PLN UP3 Cikokol Tangerang oleh Grab Indonesia dan Kymco, Alfamart Gandaria 3 di Jl. Jatayu, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan oleh Oyika, dan Kantor Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM di Kuningan, Jakarta Selatan oleh Ezyfazt dan Oyika. (W/ZA)

Comments are closed.