NCC 2024

Perkenalkan, Ini Robot yang Bisa Mengingatkan Anda Kala Lupa Memakai Masker

BusinessNews Indonesia – Sebuah robot pengingat masker diciptakan oleh beberapa ahli mesin di Paris. Robot-rorbot tersebut dapat mendeteksi apakah orang mengenakan masker atau tidak.

Sebagaimana yang dilansir Reuters, robot ini akan mengingatkan orang-orang yang tidak memakai masker untuk mengenakannya dengan sopan.

Robot tersebut merupakan peningkatan dari Pepper, yakni robot setinggi 120 cm dengan fitur mirip manusia yang sudah beroperasi di beberapa negara untuk menyambut pengunjung ke toko, pameran, dan ruang publik lainnya.

Kamera Pepper akan menandai wajah orang yang mendekatinya. Jika mendeteksi bagian bawah wajah mereka tidak tertutup, robot ini akan meminta orang itu harus selalu memakai masker dengan benar.

Sedangkan Jika pengunjung terlihat memakai masker, robot itu akan mengucapkan terima kasih karena telah memakai masker.

Robot yang dibuat oleh SoftBank Robotics ini didesain bukan sebagai robot polisi agar orang-orang memakai masker. Melainkan untuk mengingatkan dengan ramah.

Kepala penjualan Eropa perusahaan itu Jonathan Boiria, mengatakan ini untuk memberikan pengingat “yang ramah”.

“Toko-toko harus menempatkan orang di pintu masuk, banyak orang, untuk memastikan penghormatan terhadap pemakaian masker, dan kadang-kadang itu sulit,” katanya, dikutip Kamis (10/9/2020).

“Robot memungkinkan Anda membebaskan beberapa orang sehingga mereka dapat fokus pada tugas normal mereka.”

Penempatan robot seperti ini disebut lebih efektif karena tidak perlu menempatkan orang di dekat pintu. (Ed.ZA/BusinessNews/CNBC)

Comments are closed.