NCC 2024

Digelar di Stadiun, Pemungutan dan Perhitungan Suara di Budapest Berjalan Lancar

BusinessNews Indonesia — Panitia Pelaksana Luar Negeri (PPLN) Budapest melaksanakan pemilihan umum 2024 yang berlokasi di Stadiun Puskas Arena Budapest. Ada 3 TPS yang berlokasi di Budapest dan 1 TPS berlokasi di Szeged Hongaria.

Menurut Ketua PPI Hongaria yang juga merupakan Ketua KPPSLN TPS 1 Marhadi mengatakan bahwa pelaksanaan pemungutan suara di Budapest berjalan aman dan lancer. Sebagian besar pemilih adalah mahasiswa Indonesia yang sedang menempuh Pendidikan di Hongaria dan pekerja migran Indonesia. Total pemilih yang terdaftar di DPT PPLN Hongaria sebanyak 1200 orang.

Pelaksanaan pemilihan di Hongaria melalui 2 model yakni lewat pos sebanyak 384 pemilih dan TPS langsung. Uniknya pemungutan suara dan perhitungan suara dilaksanakan dihari yang berbeda. Pemungutan suara di laksanakan hari Sabtu tanggal 10 Februari 2024. Sedangkan penghitungan suara di laksanakan hari Rabu 14 Februari 2024 di kantor  KBRI Budapest.

Lebih lanjut menurut Marhadi yang juga Wakil Koordinator PPI Dunia, menyampaikan bahwa antusias warga Indonesia yang berada di Budapest sangat tinggi untuk ikut serta dalam pemilihan umum tahun ini.

Mengingat ini pertama kali para pelajar dan pekerja mengikuti pemilu di luar negeri. Mereka berharap Pemilu kali ini terpilih presiden dan wakil presiden yang mampu mensejahterakan masyarakat Indonesia khusus nya warga Indonesia yang sedang berada diluar negeri. Menurut ketua PPLN Agung wicaksono pelaksanaan pemilihan Umum tahun ini di Budapest berjalan lancar dan aman. Agung mengapresiasi kepada petugas KPPS yang bekerja keras melaksanakan pemilu kali ini.

Comments are closed.