NCC 2024

Kominfo Rampungkan Pembangunan 4.988 BTS 4G di Daerah 3T

Jakarta, businessnews.co.id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah menyelesaikan pembangunan 4.988 Base Transceiver Station (BTS) 4G di daerah Tertinggal, Terdepan dan Terluar (3T). Menteri Kominfo, Budi Arie Setiadi, mengungkapkan bahwa Presiden Joko Widodo akan meresmikan penggunaan BTS yang dibangun oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Kominfo.

“Proyek tersebut pembangunannya telah selesai dikerjakan dan menunggu waktu peresmian oleh Presiden RI Joko Widodo. Jadi, nanti Bapak Presiden Joko Widodo bisa melakukan peresmian beroperasinya BTS 4G BAKTI Kominfo,” ungkapnya di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Menkominfo juga menyampaikan bahwa telah berkoordinasi dengan kepala negara terkait jadwal peresmian. Saat peresmian nanti, Kementerian Kominfo berencana menggelar konferensi pers di lokasi pembangunan BTS 4G, khususnya di 26 lokasi yang akan terhubung melalui konferensi video.

Budi Arie menjelaskan bahwa hingga Desember 2023, 4.988 dari total 5.618 BTS ditargetkan akan beroperasi sepenuhnya. Sisanya akan dipercepat untuk diselesaikan dengan mempertimbangkan kondisi geografis dan tantangan yang ada.

“Penyelesaiannya ditargetkan harus tahun ini, karena Bapak Presiden menekankan, memerintahkan kepada saya, untuk tahun ini proyek BTS 4G BAKTI Kominfo harus diselesaikan. Ada sisa 630 lokasi bisa yang memang berpotensi di-carry over tahun depan karena pertimbangan keamanan, faktor geografi yang sulit dijangkau dan sebagainya,” jelasnya.

Menkominfo berjanji untuk terus berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah guna menemukan solusi bagi pembangunan di lokasi-lokasi tersebut.

“Kami melibatkan berbagai pihak untuk menuntaskan pembangunan ini. Kami berkomitmen agar akses telekomunikasi, terutama bagi masyarakat di daerah 3T, dapat terjamin sehingga mereka dapat menggunakan layanan internet,” tegasnya.

Budi Arie Setiadi menekankan pentingnya musyawarah dalam menemukan solusi yang tepat sesuai dengan kondisi geografis dan tantangan di berbagai wilayah.

“Proyek ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat. Kami mengapresiasi kerjasama dari berbagai pihak seperti Satuan Tugas BAKTI Kominfo, aparat penegak hukum, lembaga pengawas keuangan, dan lainnya,” ungkapnya.

Pembiayaan pembangunan BTS 4G berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) serta Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) yang dikelola oleh Kementerian Kominfo. BAKTI Kementerian Kominfo juga melanjutkan kontrak kerja dengan mitra sebelumnya untuk operasional BTS 4G di daerah 3T.

“Langkah ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan infrastruktur digital nasional. Pembangunan BTS 4G BAKTI adalah komitmen nyata Kementerian Kominfo dalam menyediakan layanan seluler 4G secara bertahap kepada masyarakat di daerah 3T, sebagai salah satu agenda strategis nasional,” tandas Menkominfo Budi Arie Setiadi.

Comments are closed.