NCC 2024

Bank BTN Menggelar Workshop dan Pameran UMKM Go Digital di Jepara

JAKARTA, businessnews.co.id –  PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengadakan acara Workshop dan Pameran UMKM Go Digital yang dihelat di Hotel d’Season Premiere Jepara pada Selasa, 10 Oktober 2023. Acara ini dihadiri oleh lebih dari 250 pelaku UMKM dari Kota Jepara dan sekitarnya.

Hadir sebagai narasumber adalah Hirwandi Gafar, Direktur Consumer Bank BTN, Samiadji dari Kepala Dinas Koperasi UKM Nakertrans Jepara, serta Praktisi Digital Marketing, Rizqi Mulyantara Hidayat Syah.

Direktur Consumer Bank BTN, Hirwandi Gafar menggarisbawahi peran Bank BTN sebagai BUMN dalam mendukung ekonomi berkelanjutan dengan mendorong pelaku UMKM untuk berkembang di era ekonomi digital. Bank BTN telah melaksanakan berbagai program, termasuk mendirikan Sentra Proses UMKM seperti rumah BUMN BTN di berbagai daerah dan memfasilitasi UMKM untuk mengakses pasar global.

“Di tengah gencarnya ekonomi digital seperti saat ini, Bank BTN merangkul para pelaku UMKM untuk terus mengembangkan bisnisnya, agar dapat beradaptasi dengan baik. Bank BTN sendiri sejauh ini telah melakukan berbagai program untuk mendukung para pelaku UMKM, seperti mendirikan Sentra Proses UMKM seperti rumah BUMN BTN yang tersebar di berbagai daerah seperti Medan, Brebes, Palembang, Palopo dan kota lainnya, serta memfasilitasi UMKM untuk dapat menembus pasar global,” terang Hirwandi.

Dia menekankan pentingnya kontribusi sektor UMKM dalam pertumbuhan ekonomi nasional, terutama dalam menghadapi perkembangan ekonomi digital. Workshop dan Pameran UMKM Go Digital ini merupakan upaya untuk memperluas potensi UMKM di daerah, khususnya di Jepara, agar dapat beradaptasi dengan pasar digital.

Bank BTN juga telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 3,5 triliun dalam skala nasional hingga September 2023. Di wilayah Kanwil 6 yang mencakup Kabupaten Jepara, Bank BTN telah membiayai UMKM sebesar Rp 335 miliar dengan jumlah debitur mencapai 1.188.

Bank BTN juga telah mendukung program pemerintah melalui fasilitas kredit seperti KUMKM, KUR, dan PUMK untuk mendukung ekspansi bisnis UMKM. Mereka berkomitmen untuk terus memperluas penyaluran kredit demi mendukung setiap UMKM dan memberikan layanan edukasi digitalisasi sebagai bentuk nyata dukungan dalam pengembangan bisnis UMKM.

Rizqi Mulyantara Hidayat Syah, Praktisi Digital Marketing, menekankan pentingnya para pelaku UMKM memanfaatkan social commerce untuk memperluas jangkauan produk. Dia menyoroti pentingnya behasa riset pasar, segmentasi produk, dan branding dalam era digital saat ini.

Rizqi mengapresiasi langkah Bank BTN dalam mendukung para pelaku UMKM di berbagai daerah untuk menyesuaikan diri dan meningkatkan kemampuan di era digital.

Comments are closed.