NCC 2024

Snapdragon 8 Gen 3 dari Qualcomm: Bocoran Performa Unggulan Menjelang Peluncuran

JAKARTA, businessnews.co.id –  Chipset mobile terbaru dari Qualcomm, Snapdragon 8 Gen 3, diperkirakan akan diumumkan menjelang akhir bulan Oktober ini. Berdasarkan informasi terkini, chipset baru ini diindikasikan memiliki performa yang lebih baik daripada generasi sebelumnya.

Tipster terkenal Digital Chat Station memberikan bocoran terkait skor yang berhasil diperoleh oleh Snapdragon 8 Gen 3 melalui pengujian menggunakan aplikasi AnTuTu. Menurut laporan Gizmochina, skor total yang diraih oleh chipset baru ini mencapai dua juta poin.

Skor tersebut mengungguli skor sebelumnya Snapdragon 8 Gen 2 yang hanya mencapai 1,6 juta poin. Penyempurnaan terbesar terlihat pada sektor GPU, dengan peningkatan performa hingga 40 persen dibandingkan Snapdragon 8 Gen 2 saat diuji dengan GPU AnTuTu.

Chipset ini berhasil mencapai skor 840 ribu pada uji GPU, jauh melampaui skor 600 ribu pada Snapdragon 8 Gen 2. Kinerja yang ditingkatkan ini disokong oleh kehadiran GPU Adreno 750 baru.

Informasi ini menggembirakan bagi pecinta game karena smartphone unggulan yang akan menggunakan chipset Qualcomm ini diharapkan dapat menghadirkan pengalaman bermain game yang lebih unggul dari sebelumnya.

Meskipun performa GPU-nya menonjol, performa CPU Snapdragon 8 Gen 3 tampaknya menunjukkan peningkatan yang lebih rendah. Digital Chat Station menyatakan bahwa skor CPU yang didapat chipset ini hanya mencapai 440 ribu poin.

Meski demikian, skor ini hanya menunjukkan peningkatan 15,7 persen dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2. Namun, patut diingat bahwa skor ini adalah hasil uji coba awal dan performa akhir Snapdragon 8 Gen 3 mungkin berbeda.

Selain itu, Digital Chat Station juga mencatat bahwa Snapdragon 8 Gen 3 dalam pengujian tersebut menggunakan RAM LPDDR5T, yang merupakan tipe RAM yang lebih cepat dan efisien dibandingkan LPDDR5X.

Namun, belum ada informasi pasti mengenai tipe RAM yang akan digunakan pada Snapdragon 8 Gen 3 dalam smartphone komersial. Jika menggunakan LPDDR5x RAM, performa chipset ini dalam situasi penggunaan sehari-hari mungkin sedikit lebih rendah daripada skor benchmark.

Meski skor awalnya menjanjikan, masih terlalu dini untuk menyimpulkan secara pasti peningkatan performa yang akan dibawa oleh Snapdragon 8 Gen 3 jika dibandingkan dengan Snapdragon 8 Gen 2.

Qualcomm diperkirakan akan secara resmi mengumumkan Snapdragon 8 Gen 3 pada 24 Oktober 2023.

Comments are closed.