NCC 2024

Lewat Pengelolaan Human Capital, Taspen Life Dukung Pertumbuhan Bisnis Perusahaan

Jakarta, Businessnews.co.id – Berdiri sejak 26 Februari 2014, PT Asuransi Jiwa Taspen (Taspen Life) sebagai salah satu anak perusahaan PT TASPEN (Persero) terus berbenah dan bertransformasi dalam berbagai aspek, salah satunya sumber daya manusia (SDM) atau human capital. Hal ini dilakukan demi mendukung pertumbuhan bisnis Taspen Life.

“Taspen Life menyediakan beragam solusi produk asuransi jiwa kumpulan dan individu, yang memiliki manfaat proteksi jiwa, perencanaan masa depan dan hari tua, dana pendidikan serta asuransi penyakit kritis,” ujar Direktur Keuangan, SDM, IT dan Kepatuhan Taspen Life, Kristiyanto dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Senin (23/10/2023).

Kristiyanto mengatakan jika Taspen Life menyediakan layanan yang profesional, cepat, tanggap, akurat serta mampu memberi nilai tambah bagi para peserta. Hal ini sesuai dengan visi Taspen Life, yaitu menjadi perusahaan asuransi jiwa terpilih dan terpercaya bagi masyarakat Indonesia.

“Tingginya kepercayaan masyarakat dapat dilihat dari laba bersih yang dihasilkan Taspen Life pada tahun 2022, dimana Taspen Life mendapat laba bersih sebesar Rp86 miliar, naik dari tahun sebelumnya yang mendapat laba bersih sebesar Rp63 miliar,” ujar Kristiyanto.

Taspen Life dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Senin (23/10/2023).
Taspen Life dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 yang dilaksanakan secara online, Senin (23/10/2023).

Kristiyanto menyebut jika salah satu komitmen Taspen Life dalam mendukung pertumbuhan bisnis ialah dari sisi human capital.

Human Capital Roadmap 2024 sampai 2028 telah disusun dengan fokus pengembangan pada area organizational development, people development, performance management serta career and talent management. Selain itu, kami juga telah melakukan berbagai improvement pada pengelolaan human capital,” ujarnya.

Untuk proses people management, yaitu program pendidikan dan pelatihan, Taspen Life melakukan beberapa improvement pada tahun 2023 ini.

“Misalnya pada tahun 2022 Taspen Life masih melakukan pemetaan kompetensi jabatan dan penetapan model dan kamus kompetensi karyawan, dan pada tahun 2023 pelaksanaan Learning and Development dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan Perusahaan dan Rencana Kerja Anggaran Perusahaan,” lanjut Kristiyanto.

Selain itu, pada 2023, jumlah karyawan yang memiliki sertifikasi mencapai 69,50%, dimana pada tahun sebelumnya, karyawan yang mempunyai sertifikasi hanya 51,47%.

Kristiyanto juga telah menjamin dan memberikan kesempatan berkarir yang sama bagi wanita maupun generasi muda di Taspen Life. Demografi di Taspen Life menunjukkan jika terdapat 44% karyawan wanita saat ini yang berkarir di Taspen Life.

“Dan kami memiliki 66% karyawan milenial dan 18% Gen Z di Taspen Life, tentu angka ini akan terus bertambah nantinya,” lanjutnya.

Dalam menjalankan human capital, CEO, BOD, BOC, dan Corporate Secretary juga memiliki perannya masing-masing.

“Dimana tiap peran-peran tersebut sangat penting dalam keberlangsungan bisnis Taspen Life kedepannya,” kata Kristiyanto.

Dalam penjurian Human Capital & Performance Award 2023 ini, Taspen Life diwakilkan oleh Direktur Keuangan, SDM, IT dan Kepatuhan Taspen Life Kristiyanto, Corporate Secretary Taspen Life Melly Eka Chandra, Kepala Divisi SDM Taspen Life Ariestania Anjasari, Kepala Divisi TI Taspen Life Yoga Abhirama dan Kepala Desk Manrisk Taspen Life Ardiansyah.

Comments are closed.