NCC 2024

Ini Cara Mudah Menghapus Informasi Kontak Pribadi Anda dari Hasil Pencarian Google

JAKARTA, businessnews.co.id –  Google Search sering menjadi tempat pertama orang mencari informasi tentang individu atau bisnis. Misalnya seperti profil media sosial, foto, artikel tentang Anda, bisnis Anda, dan lain-lain. Namun, pernahkah hasil pencarianmu tidak sesuai ? atau justru malah mengungkapkan informasi kontak pribadi yang tidak diinginkan.

Nah, google kini memungkinkan kamu untuk menghapus hasil pencarian seperti ini yang mungkin tidak akurat atau merusak. Kamu dapat menggunakan fitur “Hasil tentang Anda” untuk menemukan dan menghapus informasi kontak pribadi yang muncul dalam hasil pencarian.

Untuk mengakses “Hasil tentang Anda” dan menghapus informasi kontak pribadi, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Buka halaman “Hasil tentang Anda”.

2. Di aplikasi Google, masuk ke akun Google Anda, lalu buka menu dengan mengklik avatar Akun Google Anda dan pilih ‘Hasil tentang Anda’.

3. Di web seluler atau desktop, login ke akun Google Anda, klik avatar Akun Google, pilih Kelola Akun Google Anda > Data & privasi.

4. Di “Pengaturan riwayat,” pilih Aktivitas Saya > Aktivitas lainnya.

5. Gulir ke bagian “Hasil tentang Anda” dan pilih “Kelola hasil tentang Anda.”

6. Pilih Memulai atau Pengaturan.

7. Masukkan nama Anda dan informasi kontak yang ingin Anda temukan di hasil pencarian.

Google akan menggunakan informasi ini untuk memeriksa hasil pencarian yang menampilkan informasi tersebut. Anda dapat mengaktifkan notifikasi untuk menerima pembaruan jika hasilnya sesuai dengan informasi Anda. Jika ada hasil penelusuran yang cocok dengan nama dan informasi kontak pribadi Anda, Anda akan mendapatkan notifikasi.

Anda juga dapat melihat hasil Anda dengan membuka tab “Hasil untuk ditinjau” dari halaman “Hasil tentang Anda.” Jika Anda melihat hasil yang bersifat pribadi dan ingin merahasiakannya, Anda dapat meminta penghapusan hasil tersebut dari hasil penelusuran. Anda dapat memilih hasil yang ingin dihapus atau meminta penghapusan lebih dari satu hasil sekaligus. Jika Anda melihat hasil yang dianggap bermanfaat bagi publik, seperti situs web pemerintah atau pendidikan, Anda mungkin tidak akan menemukan opsi “Hapus hasil.”

Jika Anda ingin melaporkan URL yang mengandung informasi pribadi yang tidak diinginkan di Google Search, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

1. Lakukan pencarian nama Anda di Google Search.

2. Klik Lainnya (tiga titik) pada hasil pencarian yang ingin Anda laporkan.

3. Pilih Hapus hasil > Ini menunjukkan info kontak pribadi saya.

4. Ikuti alur pelaporan dan kirimkan permintaan Anda.

Setelah mengirimkan permintaan, Anda dapat memeriksa statusnya dari “Hasil tentang Anda” di bagian “Permintaan Penghapusan.” Jika Anda ingin menghapus informasi kontak pribadi Anda dari hasil pencarian, ini adalah cara yang efektif untuk melakukannya.

Comments are closed.